Rabu, 28 November 2018 16:44

Presiden Xi Jinping temui Raja Spanyol Felipe VI

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping kemarin (27/11) waktu setempat menemui Raja Spanyol Felipe VI di Madrid.

Xi Jinping dalam pertemuan itu menyatakan senang berkunjung ke Spanyol yang indah permai atas undangan Raja Felipe VI. Sejak Tiongkok dan Spanyol mendirikan kemitraan strategis komprehensif pada tahun 2005, hubungan kedua negara terus meningkat, saling percaya di bidang politik semakin mendalam, kerja sama diperluas di berbagai bidang, kontak antara masyarakat semakin erat. Hubungan kedua negara sedang berada dalam masa paling baik dalam sejarah. Xi Jinping menyatakan keyakinan sepenuhnya atas prospek perkembangan hubungan kedua negara. Xi Jinping menyatakan bahwa kunjungannya ke Spanyol merupakan kunjungan pertama ke Eropa setelah melanjutkan jabatannya sebagai presiden, sekaligus merupakan negara pertama dalam perlawatan ke Eropa dan Amerika Latin. Dia berharap melalui kunjungannya dapat mengkonsolidasi persahabatan kedua negara, meningkatkan level kerja sama, agar hubungan kedua negara berkembang secara stabil.

Xi Jinping menekankan, Tiongkok bersedia bersama dengan Spanyol untuk saling mendukung dalam masalah-masalah terkait kepentingan kedua pihak dan masalah-masalah penting lainnya. Kedua pihak perlu bekerja sama di bidang-bidang ekonomi dan perdagangan, pariwisata dan pasar pihak ketiga, mendorong kemitraan strategis keseluruhan ke tahap baru pada era baru untuk menyejahterakan rakyat kedua negara.

Xi Jinping menunjukkan, Tiongkok dengan senang hati menyaksikan Eropa yang terus mendorong proses pengintegrasian, ia mengharapkan Spanyol dapat terus memainkan peranan positif untuk mendorong perkembangan kemitraan strategis keseluruhan Tiongkok-Eropa.

Sementara itu, Raja Filipe VI menyatakan sambutan hangat atas kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping ke Spanyol. Ia mengatakan, tahun ini adalah genap 45 tahun penggalangan hubungan diplomatik antara Spanyol dan Tiongkok, dan genap 40 tahun Raja Juan Carlos I mengadakan kunjungan perdana ke Tiongkok. Spanyol menghargai kontak dan kerja sama yang bersahabat dengan Tiongkok. Sejak penggalangan hubungan diplomatik, kedua negara selaku saling menghormati dan saling mendukung dalam masalah terkait kepentingan inti antara satu sama lain, di bawah upaya bersama kedua pihak, kemitraan strategis keseluruhan telah mengalami perkembangan baru. Pihak Spanyol bersedia bersama dengan pihak Tiongkok untuk memelihara kontak erat, meningkatkan level kerja sama pragmatis, mengintensifkan kontak dan koordinasi dalam urusan multilateral, aktif mendorong hubungan Eropa dengan Tiongkok.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 388 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok percepat pembentukan Jaringan Transportasi Komprehensif Tiga Dimensi
Meningkatkan pelestarian bersama ekologi di Delta Sungai Yangtze
Anggota RCEP aktif berpartisipasi dalam CICPE
×