Minggu, 02 Desember 2018 20:58

Pemimpin Negara Tiongkok dan AS hentikan pergesekan ekonomi dan dagang

Luar Negeri

Pergesekan ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan AS yang telah berlangsung 8 bulan lebih, akhirnya menyambut kesempatan perubahan penting pada akhir tahun ini.

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump yang bersama-sama menghadiri KTT G20 di Argentina kemarin(1/12) mengadakan pertemuan, dan ini merupakan pertemuan pertama antara pemimpin kedua negara sejak pergesekan ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS meningkat terus pada Maret lalu.

Kedua pihak membahas masalah ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS dan mencapai kesepahaman, memutuskan menghentikan tindakan pembatasan perdagangan termasuk naik tarif, dan segera melaksanakan penyelesaian pada masalah yang menarik perhatian, memerintahkan tim ekonomi dan dagang kedua negara mengintensifkan perundingan agar mencapai persetujuan, mencabut tarif yang ditambah sejak tahun ini, agar mendorong hubungan ekonomi dan dagang kedua pihak kembali ke rel yang normal, serta mewujudkan menang bersama.

Pada saat kunci pergesekan ekonomi dan dagang Tiongkok-AS menghadapi semakin serius lebih lanjut, pemimpin Tiongkok dan AS bersama-sama menginjak remnya, dan memperagakan keinginan untuk berjalan searah dan menyelesaikan masalah melalui dialog.

Sementara itu, Tiongkok menyatakan pendirian prinsipal yakni dengan tegas memelihara kepentingan inti negara dan kepentingan fundamental rakyat, serta tetap memelihara prinsip perundingan yang saling menghormati dan sama derajat serta saling menguntungkan.

Menurut kesepahaman yang tercapai melalui pertemuan pemimpin kali ini, Tiongkok akan menurutu kebutuhan domestik, lebih lanjut memperbesar impor dari AS di bidang pertanian, energi, produk jadi dan industri jasa, agar dengan lebih baik memenuhi kebutuhan kehidupan baik rakyat Tiongkok yang semakin meningkat serta mendorong perkembangan ekonomi berkualitas tinggi. Di bidang-bidang tersebut, Tiongkok dan AS mempunyai ciri khas saling mengisi yang agak menonjol, menambah impor dari AS berfaedah untuk perdagangan bilateral berkembang ke arah yang lebih seimbang. Sementara itu,menurut kesepahaman baru yang dicapai pemimpin Tiongkok dan AS, AS juga akan dengan aktif menyelesaikan keprihatinan ekonomi dan perdagangan Tiongkok.

Menurut kesepahaman yang tercapai pemimpin kedua pihak kali ini, tim ekonomi dan perdagangan kedua pihak akan secepatnya memulai perundingan putaran baru. Tiongkok akan selalu seperti yang sudah-sudah bertolak dari pemeliharaan kepentingan bersama kedua negara dan situasi makro tata tertib perdagangan dunia, mengajukan rancangan penyelesaian yang pragmatis.

Tiongkok juga sangat mengerti kerumitan masalah pergesekan ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS, tak mungkin semua masalah akan diselesaikan hanya melalui beberapa kali perundingan, bahkan tak menyingkirkan kemungkinan akan terulang lagi masalah sebelumnya. Maka Tiongkok yakin: ekonomi Tiongkok adalah laut yang tak mungkin digulingkan badai!

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 379 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×