Senin, 10 Desember 2018 17:54

Dunia berjumpa dengan Kebudayaan Tionghoa melalui kunjungan persahabatan sejauh 40 ribu km

Luar Negeri

Pada 27 November hingga 5 Desember 2018, Presiden Tiongkok Xi Jinping berturut-turut melakukan kunjungan kenegaraan ke Spanyol, Argentina, Panama dan Portugal atas undangan, dan menghadiri KTT ke-13 kelompok G-20 di Buenos Aires, Argentina.

Kunjungan tersebut dipuji media sebagai “perlawatan navigasi di tengah perubahan drastis situasi internasional”.

Ibu Negara Peng Liyuan yang mendampingi kunjungan Xi Jinping kembali berperan sebagai duta kebudayaan Tionghoa yang penuh pesona.

Kunjungan yang melintasi laut dan benua tersebut berlangsung 10 hari. Sebanyak empat negara dikunjungi. Perjalanan sejauh 40 ribu kilometer ini ditempuh dalam waktu 54 jam di udara.

Pada hari pertama perlawatan, pesawat mendarat di Spanyol. Presiden Tiongkok Xi Jinping dan istrinya tampak keluar dari pintu pesawat.

Hari terakhir kunjungan. Presiden Xi dan istrinya naik pesawat di Lisbon, Portugal siap kembali ke Beijing.

Kata-kata seperti apa yang banyak digunakan media asing ketika mengomentari kunjungan Peng Liyuan kali ini.

Semua media asing menggunakan satu kata, yakni “anggun” atau “gemulai”!

Media Spanyol ini memuat foto Peng pada masa lampau dengan tulisan yang berbunyi “Peng Liyuan adalah ambasador terbaik Tiongkok”.

Tanggal 27-29 November, Spanyol

Salah seorang lain dalam foto adalah Permaisuri Letizia Ortiz. Pasangan pengantin baru Raja Felipe VI dan Letizia berbulan madu di Tiongkok.

Inilah pertemuan pertama kali antara Letizia dan Peng Liyuan. Foto bareng ini dipuji warganet “penuh keanggunan dan trendi”.

Di jamuan keluarga di kediaman Raja Felipe VI di Istana Zarzuela, Raja Felipe VI mengisahkan sebuah cerita tentang dua anaknya, yang sering kali berbisik dalam bahasa Mandarin yang dibelajarnya di sekolah dengan maksud menutup rahasianya dari orang tua.

Pada pagi 28 November, Peng Liyuan dengan didampingi Permaisuri Letizia Ortiz berkunjung ke Teater Kerajaan Spanyol di Madrid dan bersama-sama menonton gladi bersih opera Turandot.

Tanggal 30 Noveber-2 Desember, Argentina

Xi Jinping dan Peng Liyuan berfoto bersama dengan Presiden Argentina dan istrinya. Selama kunjungan di Argentina, klimaks muncul pada KTT G-20. Pada malam 30 November, Xi Jinping dan Peng Liyuan bersama para ketua delegasi dan pasangannya melakukan sesi foto bersama. Sebelumnya, pasangan Trump sengaja mendekati Xi Jinping dan Peng Liyuan untuk menyatakan: See you tomorrow ! (Pertemuan antara Presiden Xi dan Donald Trump digelar pada 1 Desember) Angela Merkel berbalik dan ngobrol dengan Peng Liyuan tentang telatnya ke KTT G-20

Selama KTT G-20 di Argentina, pasangan dari sebagian pemimpin bersama-sama mengunjungi bekas kediaman Vitoria Ocampo. Saat makan jamuan siang, istri Presiden Argentina, Juliana Awada asyik bercakap-cakap dengan Peng Liyuan.

Inilah komentar media asing kepada Peng Liyuan: telah menyemarakkan kebudayaan Tionghoa. Di ajang KTT G-20, Peng Liyuan sekali laig berhembus angin sepoi-sepoi dari Tiongkok.

Media Argentina mengungkapkan bahwa istri Presiden Argentina, Juliana Awada sibuk mempersiapkan hadiah untuk Peng Liyuan menjelang pembukaan KTT G-20. Hadiah yang dicari-carinya harus “buatan Argentina” dan juga impresif. Akhirnya baton musik yang dipilihnya untuk Peng Liyuan. Katanya baton tersebut berasal dari seorang dirigen terkemuka Argentina.

Hadiah yang dipersiapkan Peng Liyuan untuk istri Presiden Argentina juga cukup unik, yakni sepeda “Made in China”. Sepeda ini adalah hadiah untuk Awada dan anak perempuannya. Permainan berbentuk figur Panda Raksasa diselipkan di sepeda. Peng Liyuan mengundang mereka untuk melihat panda raksasa di Provinsi Sichuan pada saat mereka melakukan kunjungan sekali lagi ke Tiongkok.


Tanggal 3 Desember 2018, Panama

Peng Liyuan dan istri Presiden Panama, Lorena Castillo Garcia de Varela gelar pertemuan, dan bersama-sama menghadiri kegiatan penerangan tentang pencegahan penyakit HIV/AIDS.

Dalam diplomasi antar kepala negara, pakaian adalah bahasa diplomatik yang tidak boleh diremehkan.

Coba perhatikan warna bendera nasional Panama. Lihatlah pakaian Peng Liyuan, terjadilah kontras antara warna biru dengan warna putih. Tampak kerongsong berupay kupu-kupu yang diselipkan pada gaun Peng Liyuan.

Simaklah rekaman video berikut. Castillo tengah rajin melatih lafal Zero Discrimination dalam bahasa Tionghoa

Di Terusan Panama, Xi Jinping dan istri Peng Liyuan memberi salam dengan melambaikan tangan kepada para anak buah sebuah kapal Tiongkok yang melintasi pintu air bersekat di Aqua Clara.

http://indonesian.cri.cn/20181210/7978f65b-a0f8-f5e2-a2cf-84be4a76301c.html

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 510 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×