Minggu, 23 Desember 2018 16:53

Dampak tsunami yang menerjang Selat Sunda

Peristiwa

Korban dampak tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda, khususya di daerah Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang terus bertambah.

Hingga Minggu (23/12) pukul 07.00 WIB, berdasarkan catatan data sementara, jumlah korban di Selat Sunda yakni 40 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 2 orang dinyatakan hilang.

Kerugian fisik meliputi 430 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat dan puluhan lainnya rusak.

Jumlah pengungsi saat ini masih dalam pendataan. Pandeglang adalah daerah yang paling parah terdampak tsunami.

Di Kabupaten Pandeglang tercatat 33 orang meninggal dunia, 491 orang luka-luka, 400 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat. Daerah yang terdampak adalah permukiman dan kawasan wisata di sepanjang Pantai seperti Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita. Saat kejadian banyak wisatawan berkunjung di pantai sepanjang Pandeglang.

Di Lampung Selatan, 7 orang meninggal dunia, 89 orang luka-luka dan 30 unit rumah rusak berat. Sedangkan di Serang tercatat 3 orang meninggal dunia, 4 orang luka-luka dan 2 orang hilang. Pendataan masih dilakukan. Kemungkinan data korban dan kerusakan akan bertambah.
Penanganan darurat terus dilalukan. Status tanggap darurat dan struktur organisasi tanggap darurat, pendirian posko, dapur umum dan lainnya masih disiapkan. Alat berat juga dikerahkan untuk membantu evakuasi dan perbaikan darurat.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai.

BMKG dan Badan Geologi masih melakukan kajian untuk memastikan penyebab tsunami dan kemungkinan susulannya.

favorite 2 likes

question_answer 1 Updates

visibility 1936 Views

Update
Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya 😢
Minggu, 23 Desember 2018 21:41

Related News
Diduga terkena serangan jantung, seorang pria paruh baya tewas di dalam mobil
Polsek dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pancoran Mas Depok bagikan takjil kepada masyarakat
Satlantas Polres Jakarta Barat bersihkan ranting pohon tumbang di Jl. Puri Asri, Kembangan Jakarta Barat
×