Senin, 04 Pebruari 2019 23:43

Lantamal VI Makassar gelar simulasi pengamanan Pemilu 2019 aspek laut

Unjuk Rasa

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menggelar simulasi Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres) aspek laut tahun 2019. Simulasi melibatkan personel Lantamal VI yang dibantu unsur Maritim Makassar bertempat di dermaga Layang Mako Lantamal VI, Senin (4/1).

Dalam simulasi yang digambarkan empat Kapal Angkatan Laut (KAL) dan dua Sea Rider Lantamal VI mengawal kapal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar yang membawa logistik pemilu lewat jalur laut. Pengawalan dilakukan ke kapal KPU yang membawa kotak suara yang sedang menuju pelabuhan Nusantara Paotere karena mendapat hadangan di laut dari kapal-kapal nelayan pendukung salah satu paslon.

Saat kotak suara tiba di pelabuhan tempat kapal KPU bersandar, terjadi aksi unjuk rasa salah satu paslon yang tidak puas dengan penghitungan suara, dengan sigap Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) Lantamal VI dan K9 Pomal menghadang dan membubarkan massa.

PHH Lantamal VI yang berjaga berupaya menenangkan massa namun situasi semakin memanas dan menyemprotkan gas air mata ke arah massa agar segera membubarkan diri.

Menurut Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,M.Tr (Han) mengatakan simulasi pengamanan pemilu aspek laut ini melibatkan kurang lebih 500 personel Lantamal VI.

Komandan Lantamal VI berharap dengan dilaksanakan simulasi tersebut dapat memberikan nilai dan citra positif bahwasanya kemampuan TNI AL tetap terjaga untuk memberikan rasa aman dan percaya diri bagi masyarakat dan pemerintah Sulawesi Selatan dalam melaksanakan agenda Pemilu tahun 2019.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 411 Views

Update
No Update Available
Related News
Kabid Humas: Polisi lakukan langkah filterisasi untuk mengantisipasi penyusup
Unjuk rasa 11 April, Kapolri: kawal dengan humanis, dan jaga kesucian bulan Ramadan
Pesan Polri jelang demonstrasi BEM SI: Hormati hak masyarakat
×