Selasa, 12 Pebruari 2019 16:24
Editted Wed, February 13 2019 06:00 WIB

Pendampingan upaya khusus untuk mencapai swasembada pangan

Press Release

Pati - Petani padi di wilayah Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati mulai memasuki masa panen. Para petani setempat sudah memanen sebagian kecil padi varietas Logawa, yang mereka tanam dalam kurun waktu 90 hari, Senin (11/2/19).

PPL Dinas Pertanian Kecamatan Tambakromo, Cahyo dengan didampingi Babinsa Koramil Tambakromo mengatakan, masa panen padi ini diprediksi selesai pada awal Maret 2019. Pada puncak panen tersebut biasa dinamakan panen raya. Sebab, seluruh desa yang mempunyai sawah secara serentak akan melakukan panen mengingat usia padi yang sudah cukup.

“Sudah mulai panen, tapi baru sebagian kecil. Panen raya diperkirakan akhir Februari sampai awal Maret 2019,” kata Cahyo.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Koramil Tambakromo Serda Yanto Bahrudin bersama dua orang anggota yang selalu aktif mendampingi petani juga menjelaskan, adanya jenis padi yang sudah mulai dipanen merupakan varietas berbeda dengan kebanyakan varietas yang akan panen raya. Padi yang sudah dipanen saat ini merupakan jenis dan varietas padi yang berumur lebih pendek.

Seperti di desa Keben saja, sampai kemarin, sudah 7,50 hektar luas sawah yang dipanen. Produktivitasnya padi dengan usia lebih pendek tersebut mencapai 6 sampai dengan 6,5 ton per hektar. Produktivitas tersebut dalam kondisi yang normal sejak penyemaian, penananam, penyiangan hingga masa panen.

“Alhamdulillah, seluruh tanaman padi selamat. Sempat ada kekhawatiran dengan bencana terjangan angin kencang, mengingat cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini. Meski ada beberapa yang kena, tapi masih bisa dipanen, dan tidak berpengaruh pada hasil produksi,” kata Babinsa. (Wn)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 633 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×