Sabtu, 23 Pebruari 2019 20:36

Konsultasi ekonomi dan dagang Tiongkok-AS memasuki pola masa lembur yang sibuk

Luar Negeri

Konsultasi ekonomi dan dagang tingkat tinggi Tiongkok-AS setelah diadakan beberapa putaran baru-baru ini untuk pertama kali diperpanjang waktunya. Ini menunjukkan bahwa di atas dasar mencapai kemajuan positif, konsultasi ekonomi dan dagang Tiongkok-AS kini memasuki tahap yang paling krusial yaitu tahap sprint yang paling alot. Sementara itu, ini juga menunjukkan bahwa tim ekonomi dan dagang kedua pihak kini memasuki pola masa lembur yang sibuk dalam rangka mengimplementasi kesepahaman penting pemimpin kedua negara.

Adalah amat sulit untuk memastikan tiap detail dokumen dan mengimplentasinya. Tim ekonomi dan dagang kedua pihak pasti akan mengadakan pertimbangan teliti dan mengadakan perumusan terhadap rincian kongkret dalam rangka mempertahankan kepentingan negara masing-masing. Oleh karena itu, waktu konsultasi diperpanjang agar tim kedua pihak memperdalam komunikasi, pertimbangannya lebih cermat dan matang, dan ini lebih menguntungkan bagi pendorongan dicapainya persetujuan dan pelaksanaannya pada masa depan. Ini tak pelak merupakan sebuah sinyal yang positif.

Bersamaan itu, diperpanjangnya waktu konsultasi putaran kali ini juga menunjukkan, melalui perundingan selama satu tahun, khususnya setelah pertemuan pemimpin Tiongkok dan AS di Argentina berhasil mengubah meningkatnya pergesekan perdagangan, kedua pihak mempunyai hasrat keras untuk mencapai kesepakatan dalam batas waktu konsultasi. Justru seperti apa yang dikatakan Presiden Xi Jinping, bagi Tiongkok dan AS siapapun tak dapat berpisah. Apabila bekerja sama, kedua pihak menang bersama, dan apabila berkonfrontasi kedua pihak kalah bersama. Kerja sama merupakan pilihan terbaik. Selama satu tahun ini, semakin banyak kenyataan telah membuktikannya.

Sebagai dua ekonomi besar di seluruh dunia, masalah ekonomi dan dagang Tiongkok-AS sangat rumit dan dapat dibayangkan betapa sulitnya untuk mencapai kesepakatan melalui konsultasi dalam waktu 90 hari. Akan tetapi, meski sulit, kedua pihak hendaknya berjuang sampai akhirnya.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 271 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×