Kamis, 14 Maret 2019 21:53

29 Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di laut wilayah Lantamal VI TA. 2019 diambil sumpah

Peristiwa

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas memimpin langsung pengambilan sumpah 29 perwira yang telah mengikuti Latihan Keamanan Laut (Latkamla) dan Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di laut wilayah Lantamal VI tahun 2019.

Upacara tersebut berlangsung di Gedung Panti Perwira (PP) Jaladri Mako Lantamal VI, Kamis (14/03).

Acara ini dihadiri oleh Asops Danlantamal VI, Kadiskum dan Kadisminpers Lantamal VI, serta perwakilan para undangan dari unsur POLRI, Polisi Kehutanan (POLHUT), Kejaksaan Negeri Makassar serta Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Wilayah Sulawesi.

Dalam amanat Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VI menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat kepada seluruh peserta atas semangat yang telah ditunjukkan selama mengikuti pelatihan. Penyumpahan terhadap 29 Perwira Penyidik TNI AL yang berada di wilayah kerja Lantamal VI Makassar merupakan rangkaian akhir dari Latkamla dan Penyumpahan Perwira Penyidik yang berlangsung selama dua hari sejak Rabu 13 Maret 2019 di gedung Werving Lantamal VI.

Penyumpahan sebagai Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut memberi arti bahwa para perwira mampu memenuhi tuntutan ketentuan perudang-undangan sekaligus juga dapat menghasilkan produk pemberkasan perkara secara akuntabel dan teruji secara yuridis dalam rangka melaksanakan tugas-tugas penegakkan hukum di laut.

Menurut Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal VI Letkol Laut (KH) Dedi Endang Susilo, S.H., M.Pd., menyampaikan secara hukum setelah mengucapkan sumpah, berarti para perwira yang bersangkutan diberikan kewenangan dan tanggung jawab melakukan tugas sebagai Penyidik Tindak Pidana di Laut sesuai Skep/907/XII/1987 Tahun 1987 dan undang-undang RI Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHP yang mengatur tentang Perwira TNI Angkatan Laut selaku Pejabat Penyidik Perkara Tindak Pidana Tertentu di Laut

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 300 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×