Kamis, 11 April 2019 17:20

Antisipasi DBD, Puskesmas Tambakromo gelar pertemuan lintas sektoral

Kesehatan

Guna mengantisipasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim hujan saat ini, UPT Puskesmas Kecamatan Tambakromo, menggelar kegiatan pertemuan lintas sektoral bertempat di Balai desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo, Kamis (11/4) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Muspika Tambakromo, Kepala UPT Puskesmas Tambakromo dr. H. Rachmad Julyanto, beserta anggotanya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Mangunrekso, Kepala desa dan Bidan Desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo.

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Tambakromo Rachmad Julyanto mengatakan, pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga perlu mendapat dukungan dari semua pihak, dan salah satu langkah kongkrit yang akan dilaksanakan UPT Puskesmas Tambakromo yakni intensis sosialisasi menjaga kesehatan dan kebersihan masyarakat melalui Program Germas.

"Masyarakat juga wajib tahu bahwa untuk mencegah kasus DBD sangat diperlukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka membasmi jentik nyamuk di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, jika ada temuan kasus DBD segera melapor ke Puskesmas,” katanya.

Sementara itu, Camat Tambakromo Sudarto dalam kesempatan yang sama juga menambahkan, memberdayakan masyarakat untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk sebagai aksi nyata pencegahan serangan penyakit demam berdarah dengue perlu kita dukung. "Kita harus memutus rantai berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti,” tegasnya.

Ia juga meminta masyarakat lebih giat melakukan kegiatan gotong royong, seperti membersihkan saluran air (drainase), mengubur sampah bekas yang tergenang air, membersihkan bak air, dan memakai lotion anti nyamuk saat berada di luar rumah.

"Dengan adanya kegiatan pertemuan Lintas Sektor ini diharapkan dapat memupuk silaturrahim dan terjalin kerjasama serta lebih meningkat disegala bidang,” pungkas Sudarto.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 562 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×