Rabu, 24 April 2019 19:10

Lantamal VI latih 45 kader pelopor pokmaswas penanggulangan sampah kanal Makassar

Press Release

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) bekerjasama dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar melatih 45 orang Kader Pelopor Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penanggulangan Sampah dan Kebersihan Kanal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun pelaksanaan pembukaan Pelatihan Pokmaswas Penanggulangan Sampah menuju Pelabuhan Makassar, zero sampah tahun 2021 ini dilaksanakan Rabu (24/04) yang bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Markas Komando (Mako) Lantamal VI dan dilanjutkan dengan pelatihan sampai 27 April 2019 di Gedung Werving Lantamal VI.

Pembukaan Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka. OP) Makassar Ir. Rahmatullah, M. Si, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas, Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Perwakilan Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta undangan dari berbagai instansi TNI/POLRI, Pemerintahan Daerah terkait.

Dalam sambutan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VI menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk mencetak kader-kader pelopor kebersihan di sepanjang kanal agar dapat membantu masyarakat dalam membiasakan menjaga kebersihan kanal/sungai di wilayah penduduk dari sampah.

“Dengan demikian diharapkan sampah-sampah yang ada disepanjang kanal/sungai di sekitar masjid Al-Markaz tidak lagi terbuang ke laut karena laut memang bukan tempat pembuangan sampah,” ujar Wadan Lantamal VI.

Lanjut Wadan Lantamal VI, oleh sebab itu diperlukan kesadaran bersama untuk tidak membuang sampah ke sungai dan kanal atau ke laut demi masa depan kehidupan anak cucu serta generasi mendatang.

Sementara itu, Ka OP Makassar dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah sebagai rangkaian dari kegiatan program padat karya aksi massal bersih kanal pannampu yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-27 April 2019.

Kepada 45 orang yang berasal dari masyarakat sekitar kanal. Mereka tersebut akan menjadi pokmaswas yang bertugas memberikan penyuluhan dan melakukan pengawasan kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke kanal.

“Selanjutnya 45 orang pokmawas akan mengajak 10 orang yang akan bergabung untuk melaksanakan program padat karya aksi massal bersih-bersih kanal 284 sepanjang 2,8 kilometer dimulai dari Masjid Al-Markaz sampai trashrack pannampu pada tanggal 28 April 2019 pukul 06.30 Wita sampai dengan selesai,” katanya.

Pada kesempatan ini pula, Ka. OP Makassar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada acara pelatihan dan pelaksanaan aksi massal bersih kanal pada tanggal 28 April mendatang dan juga memberikan apresiasi khusus kepada Lantamal VI yang telah menyediakan ruangan dan para instruktur yang akan memberikan pelatihan kepada pokmaswas hingga 27 April 2019.

“Tadi saya sempat ngobrol bersama dengan bapak Wadan Lantamal VI bahwa untuk Pantia sebaiknya kita membuat icon, jadi kami putuskan iconnya ada berbahasa Makassar yaitu ‘Tangkasaki Kanalku’, jadi saya mengharapkan kepada teman-teman yang 45 orang ini boleh dijadikan icon, mudah-mudahan kanal kita bersih terus,” tambah Ka. OP Makassar.

Selanjutnya, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Ir. Rahmatullah, M. Si dan didampingi oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas mengetuk Palu menandakan bahwa Pelatihan Pokmaswas Penanggulangan Sampah Menuju Pelabuhan Makassar Zero Sampah Tahun 2021 telah dibuka.

Pada kesempatan ini pula, Wadan Lantamal VI mendampingi Ka OP Makassar untuk menyematkan tanda peserta kepada perwakilan 45 Kader Pelopor Pokmaswas tersebut.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 285 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×