Senin, 27 Mei 2019 20:58

Bubur sup, takjil tahunan di Masjid Raya Al Mahsun Medan

Kuliner

Setiap bulan Ramadan pengurus Masjid Raya Al Mahsun Medan menyajikan takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Mulai dari teh manis, kurma hingga bubur sup yang di santap bersama dengan anyang. Takjil- takjil ini diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat atau pengunjung yang datang ke Masjid Raya Al Mahsun Medan, lebih- lebih untuk masyarakat yang ingin berbuka puasa saat mengunjungi Kota Medan atau hanya saat melintas di Kota Medan.

Dahulu bubur yang disajikan di Masjid Raya Al Mahsun Medan adalah bubur pedas yang di kenal sebagai makanan masyarakat melayu dari zaman Kesultanan Deli dan juga makanan favorit para keluarga kesultanan. Sekarang bubur pedas tak lagi disajikan namun diganti dengan bubur sup, yang di sajikan sejak dibangunnya Masjid Raya Al Mahsun yaitu sejak 1906. Pergantian bubur pedas menjadi bubur sup dilakukan karena repotnya dan rumitnya proses pembuatan bubur pedas dibandingkan bubur sup, juga sulitnya rempah-rempah dalam membuat bubur pedas, sehingga 60 tahun terakhir bubur pedas diganti menjadi bubur sup namun warga tetap menyebutnya sebagai bubur pedas hingga sekarang.

Bahan untuk membuat bubur sup terdiri dari beras, daging, kentang, wortel, serta bumbu sub dan saat di sajikan akan dilengkapi sayur anyang sebagai pendampingnya. Anyang merupakan campuran pakis dan tauge rebus yang dicampur kelapa gongseng, rempah-rempah dan terakhir diberi perasan jeruk nipis serta bawang goreng sebagai bagian varian dari bubur sup ini dan yang membuat istimewa bubur sup Masjid Raya Al Mahsun Medan ini adalah cara memasaknya masih menggunakan tungku kayu sehingga menciptakan aroma dan rasa yang khas.

bubur sup ini dimasak sekitar pukul 13.00 WIB dan akan dibagikan bagi warga yang datang ke Masjid Raya Al Mahsun setelah ibadah solat ashar, bagi yang ingin membawa pulang ke rumah untuk disantap bersama keluarga, namun bagi anda yang ingin berbuka di masjid tersebut tidak perlu kuatir karena akan disajikan saat berbuka tiba dengan berbagai takzil yang tersedia. Dan pihak panitia setiap harinya menyediakan sekitar 1000 porsi bubur sup ini.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 280 Views

Update
No Update Available
Related News
Mau berburu kuliner di Jantung Kota Jakarta? PHX, Food Market terbaik tempatnya
Toko Roti Nann “Matahari” di jalan tua Kabupaten Shache, Kashqar, Xinjiang
Puasa Lebih Sehat Bersama Madu Kita!
×