Kamis, 13 Juni 2019 19:49

Fit Radio angkat tema `Waspadai Penyakit Tidak Menular` dalam talkshow dengan Puskesmas Kagok

Kesehatan

Penyakit tidak menular (Non Communicable Disease/NCD) merupakan suatu kondisi medis atau penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi sehingga penyakit tersebut tidak ditularkan atau disebarkan dari manusia ke manusia. Penyebab penyakit tidak menular antara lain faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, dan kelainan genetik.

Penyakit yang tergabung dalam NCD dapat berkembang secara lambat atau menyebabkan kematian yang mendadak, contohnya penyakit jantung, hipertensi, diabetes. osteoporosis, alzheimer, fibromyalgia, kanker dan sebagainya.

Penanganan secara khusus tentu berbeda-beda tergantung dari penyakit yang mendasarinya tetapi penanganan secara umum yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti memakan makanan dengan gizi seimbang secara teratur, minum banyak air putih minimal delapan gelas per hari, istirahat yang cukup dengan kualitas tidur yang baik minimal 6-8 jam/hari, olahraga ringan secara teratur minimal tiga kali sehari, hindari konsumsi makanan olahan, mengandung pengawet, penyedap rasa atau pemanis buatan, batasi konsumsi kafein seperti kopi atau teh, hindari merokok dan minuman beralkohol, serta kelola stres dengan baik.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 240 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×