Rabu, 19 Juni 2019 15:10
Editted Wed, June 19 2019 03:44 WIB

Fit Radio Talk membahas tata laksana gizi

Kesehatan

Lebaran menjadi momen bagi Anda untuk bisa berkumpul dengan keluarga besar. Selain melepas rindu, makan bersama biasanya menjadi agenda wajib. Beragam jenis makanan khas Lebaran biasanya akan disajikan. Porsi makan akan meningkat, jika kalian ikut berkunjung ke rumah tetangga atau kerabat. Sebab, di sana Anda juga akan ditawari beragam makanan.

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, maka sulit rasanya mengontrol kalori saat hari raya. Sebab, makanan yang disajikan saat hari raya biasanya mengandung lemak tinggi, protein dan karbohidrat.

Untuk sementara waktu, Anda bisa mengesampingkan program penurunan berat badan. Lebih baik tetap fokus untuk menjaga berat badan Anda saat ini. Jangan terlalu ketat pada diri sendiri, apalagi jika ini membuat Anda menolak berbagai hidangan yang telah disiapkan oleh tuan rumah.

Namun, tetap perhatikan porsinya. Jangan sampai terlalu kenyang. Sementara, bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, tidak ada pilihan lain selain memperhatikan makanan yang dimakan. Misalnya, dengan membatasi makan ketupat dengan porsi lebih atau mengurangi kuah santan saat makan.

Makanan yang disajikan saat hari raya cenderung berlimpah. Tetapi, Anda sebaiknya tidak ikut lapar mata dan makan berbagai jenis makanan dengan porsi berlebih. Cara menyiasatinya yakni dengan lebih banyak waktu mengobrol bersama teman dan saudara. Jadikan silaturahmi sebagai tujuan utama Anda ke rumah kerabat. Jangan langsung menuju ke meja makan atau mengambil kue-kue kering.

Saat hari raya, tuan rumah biasanya juga menyiapkan berbagai daging olahan seperti daging sapi, kambing, atau daging ayam. Sementara, daging terutama daging merah cenderung mengandung lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi daging memang tidak sepenuhnya dilarang, tetapi Anda bisa menyiasatinya dalam memilih masakan daging. Misalnya jika anda makan ayam, maka anda bisa memilih bagian dada dibanding paha atau sayap. Bagian dada ayam cenderung lebih sedikit memiliki kandungan lemak.

Minuman dengan ragam warna tentu menarik untuk dilihat. Sirup dan soda merupakan jenis minuman yang kerap disajikan saat hari raya. Namun, jangan mengkonsumsi terlalu banyak jenis minuman itu karena biasanya memiliki kandungan gula cukup tinggi. Dalam satu sendok makan sirup mengandung 53 kalori yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat.

Sementara, dalam satu sendok makan sirup juga mengandung 10 gram gula pasir. Kandungan di dalam soda pun juga tak jauh berbeda. Tiap porsinya mengandung pemanis. Jumlah gulanya akan lebih tinggi dalam kandungan soda diet.

Fit Radio Talk, Rabu (19/6) pagi, membahas Tata Laksana Gizi bersama Dokter Etisa Adi Murbawani, M.Si, Sp,Gk dari FK Undip.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 208 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×