Rabu, 26 Juni 2019 15:20

Fit Radio Talk bersama dr Arufiadi Anityo Mochta dari FK Undip membahas deteksi dini kanker mulut rahim

Kesehatan

Kanker mulut atau leher rahim atau yang biasa disebut dengan kanker serviks, adalah jenis kanker yang berkembang di leher rahim seorang wanita (yakni pintu masuk ke rahim dari vagina).

Penyakit yang menyerang mulut rahim ini bisa terjadi pada wanita di setiap kelompok usia, namun lebih sering menyerang wanita yang berusia antara 30 hingga 45 tahun, karena mereka telah aktif melakukan hubungan seksual. Kanker serviks jarang terjadi pada wanita di bawah usia 25 tahun.

Kanker mulut rahim terjadi ketika sel-sel abnormal pada leher rahim tumbuh di luar kendali. Leher rahim atau dikenal dengan mulut rahim ini adalah bagian bawah rahim yang terbuka menuju vagina. Kendati mengerikan, kanker ini sering berhasil diobati ketika ditemukan pada stadium awal.

Hal ini biasanya dapat ditemukan pada tahap yang sangat dini melalui tes pap smear yang dapat menemukan perubahan pada sel mulut rahim atau serviks sebelum mereka berubah menjadi sel kanker. Selain pap smear, terdapat juga pemeriksaan HPV yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya virus HPV yang berisiko dapat menyebabkan kanker pada leher rahim.

Hampir semua kanker mulut rahim disebabkan infeksi kronis oleh virus yang disebut human papillomavirus atau HPV. Virus ini bisa Anda dapatkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus tersebut. Infeksi HPV dapat menyebabkan displasia atau pertumbuhan sel-sel abnormal pada mulut rahim atau serviks.

Selain itu, orang yang lebih berisiko terkena penyakit ini adalah orang yang memiliki banyak pasangan seksual (gonta-ganti pasangan), merokok, mengonsumsi pil KB, dan terlibat dalam kontak seksual pada usia dini.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 234 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×