Kamis, 27 Juni 2019 00:33

Rilis BPS, ekspor pertanian Indonesia naik dibanding tahun lalu

Ekonomi

Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendongkrak nilai ekspor guna berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional benar-benar menuai hasil yang nyata. Terbukti, berdasarkan data yang dirilis BPS tanggal 24 Juni 2019, nilai ekspor pertanian naik 25,19 persen dibandingkan tahun lalu (year on year) atau senilai 0,32 miliar dolar AS. 

BPS mencatat, kenaikan nilai ekspor pertanian ini menjadi salah satu variabel penting yang menyebabkan kenaikan ekspor nasional Mei 2019 sebesar 14,74 miliar dolar AS, naik 12,42 persen secara bulanan (Month on Month). Alhasil, neraca perdagangan nasional pun surplus sebesar 207,6 juta dolar AS.

"Kenaikan nilai ekspor pertanian utamanya karena kenaikan nilai ekspor sarang burung, kopi, tanaman hutan, aromatik dan rempah-rempah serta logam dasar mulia," demikian dikemukakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di kantornya, Senin (24/6). 

Berdasarkan data Bloomberg, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tanggal 24 Juni 2019, sektor pertanian juga menguat 1,95 persen. Padahal IHSG secara umumnya bergerak ke zona merah atau melemah 0,25 persen atau 15,92 poin ke level 6.299,51. 

Perihal hal ini, Ketua Komite II DPD RI M Aji Mirza Wardana menilai kenaikan nilai ekspor pertanian dan kinerja positif pada Mei 2019 dan tahun ini membuktikan kebijakan dan program Kementan tidak hanya berhasil meningkatkan produksi, tetapi juga nyata meningkatkan nilai ekspor.

Dengan demikian, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berhasil banyak membangun perubahan yang membanggakan. "Mulai sudah banyak yang swasembada komoditas pertanian. Ya sekarang ini kan telah banyak juga mampu untuk melakukan ekspor," tuturnya.

"Agar capaian ekspor sektor pertanian ini ke depannya terus meningkat dan bertambah jenis komoditas yang diekspor, jadi semua komponen harus mendukung program pertanian era saat ini yang bagus," ujarnya. (Sumber: Kementan)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 228 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah
Instruksi Presiden Xi terkait penanaman di musim semi
Unsur apa saja yang mendukung ekonomi Tiongkok terus membaik?
×