Sabtu, 29 Juni 2019 21:10
Editted Sat, June 29 2019 09:35 WIB

Xi Jinping bertemu dengan Presiden AS Donald Trump

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Osaka, Jepang hari ini (29/06). Kedua kepala negara ini setuju mendorong hubungan Tiongkok dan AS yang berbasis koordinasi, kerja sama dan stabil.

Xi Jinping mengatakan, hubungan Tiongkok dan AS adalah salah satu hubungan bilateral yang paling penting di dunia. Ini, hubungan Tiongkok dan AS mengalami sejumlah kesulitan, ini tidak sesuai dengan kepentingan kedua pihak.

Mengenai masalah ekonomi dan perdagangan, Xi Jinping menekankan, hakiki kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan AS adalah saling menguntungkan dan menang bersama, kedua negara seharusnya menjadi mitra baik untuk bekerja sama.

Tiongkok mempunyai ketulusan untuk meneruskan perundingan dengan AS, namun perundingan hendaknya diadakan secara sama derajat, menyelesaikan masalah-masalah yang diperhatikan masing-masing. Menyinggung masalah yang berkaitan dengan kedaulatan dan kehormatan Tiongkok, Tiongkok harus memelihara kepentingan inti diri sendirinya. Sebagai komunitas ekonomi yang terbesar di dunia, perselisihan antara Tiongkok dan AS akhirnya harus diselesaikan melalui dialog dan perundingan agar mencari solusi yang dapat diterima kedua pihak.

Xi Jinping menekankan, Tiongkok berharap agar AS memperlakukan perusahaan dan mahasiswa Tiongkok yang berada di AS, menjamin normal diadakannya kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi perusahaan kedua negara dan kunjungan timbal balik rakyat kedua negara. Donald Trump mengatakan, dirinya selalu menyambut mahasiswa Tiongkok yang belajar ke AS.

Xi Jinping juga menguraikan pendirian prinsipal pemerintah Tiongkok mengenai masalah Taiwan. Donald Trump mengatakan, dirinya mementingkan perhatian pemerintah Tiongkok mengenai masalah Taiwan, AS akan terus memegang kebijakan Satu Tiongkok.

Xi Jinping mengatakan bahwa Tiongkok mendukung dialog dan kontak antar pemimpin AS dan Korut, dan berharap AS dan Korut memperlihatkan keluwesan untuk sedini mungkin menjalankan kembali dialog, mencari solusi yang menyelesaikan perhatian masing-masing. Tiongkok bersedia terus memainkan peranan kondusif.

Donald Trump mengatakan, AS mementingkan peranan penting Tiongkok mengenai masalah semenanjung Korea, bersedia memelihara komunikasi dan koordinasi dengan Tiongkok.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 124 Views

Update
No Update Available
Related News
Tarik Jepang untuk bergabung, AUKUS tambah kesalahan yang telah dibuatnya
Xi Jinping temui Ma Ying-jeou beserta delegasinya
Xi Jinping: Bangsa Tionghoa telah menulis sejarah yang tak terpisahkan dari kedua tepi Selat Taiwan di sepanjang perjalanannya
×