Senin, 22 Juli 2019 14:34

Taman industri pertanian modern bangkitkan pedesaan Guangdong

Pertanian

Pada bulan Juli ini, tepatnya di Taman Industri Simiaomi distrik Huicheng, kota Huizhou Provinsi Guangdong, padi yang telah panen kaya sebentar lagi akan dipungut.

Kepada wartawan, Petani Cheng Youpeng dengan senang hati mengatakan, padi yang ditanamnya tahun ini akan mencapai panen seberat 300 hingga 350 kilo per Mu.

Chen Youpeng adalah petani koperator dengan PT Pertanian Haina Guangdong. Dengan istrinya, mereka berdua menanam tanah seluas 300 Mu di taman pertanian tersebut, pendapatan tiap tahun lebih dari 100 ribu Yuan Renminbi. Jauh lebih sukses dari pada mencari kerja di daerah luar, menurut dia.

Li Weiting adalah pula petani koperator dengan PT Pertanian Haina, bisnisnya adalah memelihara ikan, sekarang dia bertanggung jawab memelihara 300 ribu ekor ikan di kolam seluas 600 Mu, modal pemeliharaannya ditanggung oleh perusahaan, selain dibayar gaji 5000 Yuan tiap bulan, dia masih bis mendapat 20 persen laba dari pemeliharaan ikan tersebut. Kehidupannya jauh lebih baik dari pada yang lalu, dia baru saja membeli mobil pribadi. Semuanya berbakat pola pengelolaan modernisasi perusahaan itu.

PT Pertanian Haina sedang menjalankan pola pemeliharaan tiga dimensi, yakni gabungan dengan industri tanaman dengan pemeliharaan, sehingga bisa saling menguntungkan baik dari segi lingkungan maupun dari segi hasil guna ekonomi. Yakni di tanah sawah, selain ditanam padi, pun dipelihara ikan, bebek, kodok dan labi-labi.

Binatang tersebut selain bisa memakan rumput dan serangga perusak, kotorannya pun bisa berfungsi sebagai pupuk untuk padi. Buah jambu batu pun ditanam bersama di sawah, dengan hasil panen yang lumayan bagus juga.

Direktur jenderal PT Pertanian Haina Zhong Zhenfang mengatakan, pola pemeliharaan tiga dimensi dengan besar-besaran meningkatkan hasil guna ekonomi, nilai produksi satu Mu menembus 10 ribu Yuan, atau naik sekali lipat lebih dari pada yang dulu.

Taman Industri Pertanian Simiaomi distrik Huicheng hanyalah satu contoh dari taman industri pertanian yang modern di provinsi Guangdong. Sekarang ini, taman industri pertanian modern sedang sukses membangkitkan pedesaan di Guangzhou.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 59 Views

Update
No Update Available
Related News
Dilanda kekeringan, petani padi di Sukabumi Jabar gagal panen
Tak kenal lelah, Babinsa Koramil 07/Sebulu bantu warga panen padi
Distan Kabupaten Bandung sebut enam wilayah rawan hama tikus