Jumat, 09 Agustus 2019 18:44

Fit Radio Talk bahas `Cara Membersihkan Gigi Yang Benar`

Kesehatan

Menggosok gigi adalah kegiatan rutin yang dilakukan semua orang, aktivitas ini biasa dilakukan setelah makan atau sebelum tidur. Semua ini dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut secara keseluruhan. Akan tetapi, tahukah Anda cara membersihkan gigi yang baik dan benar?

Hampir semua orang berpikir bahwa mereka tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, namun pada kenyataannya, banyak orang yang tidak tahu cara menggosok gigi yang benar. Agar mendapatkan gigi yang terlihat ‘sehat’ banyak orang lebih memilih produk pemutih gigi, ketimbang mengetahui bagaimana cara membersihkan gigi yang benar.

Berikut adalah cara membersihkan gigi yang harus diperhatikan, antara lain:

- Cara membersihkan gigi harus dapat membersihkan semua deposit pada permukaan gigi dan gusi secara baik, terutama saku gusi dan ruang interdental.

- Gosok gusi dan gigi depan selama beberapa detik dalam gerakan melingkar. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik, pegang gagang sikat gigi seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.

- Frekuensi menyikat gigi maksimal tiga kali sehari setelah makan pagi, makan siang dan sebelum tidur malam, atau minimal dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.

- Waktu yang tepat untuk menyikat gigi seharusnya tidak lebih dari dua menit. Ketika mulai menyikat gigi, Anda tidak harus menggunakan tekanan pada gigi dan gusi. Anda juga harus memastikan bahwa Anda membersihkan makanan yang tersisa.

- Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik. Hal ini justru dapat menyebabkan permukaan enamel akan terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

- Pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi dan gerakkan sikat dari kanan ke kiri berulang kali di sepanjang gigi. Sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, serta geraham belakang.

- Berkumurlah dengan air bersih tiap setelah selesai menggosok tiap bagian. Gunakan pasta gigi yang tepat. Anda bisa memilih pasta gigi yang bisa membersihkan plak, menghilangkan sensitivitas, mencegah gigi berlubang atau radang gusi.

Fit Radio Talk hari ini bersama AKBP Drg Dira Darmastuti dari RSU Bhayangkara Semarang, membahas `Cara Membersihkan Gigi Yang Benar`

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 416 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×