Senin, 12 Agustus 2019 16:06

Fit Radio Semarang bahas peran ASI dalam tumbuh kembang bayi dan balita

Kesehatan

Banyak Ibu-ibu menyusui anaknya karena tahu akan manfaat ASI yang luar biasa banyak. Terutama pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, yakni bayi baru lahir hanya diberi ASI tanpa makanan dan minuman lainnya sampai usia 4-6 bulan.

Begitu pentingnya manfaat ASI, American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI selama setidaknya tahun pertama kehidupan, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI selama setidaknya dua tahun pertama kehidupan.

Banyak keluarga menyusui bayinya karena mereka tahu bahwa susu eksklusif begitu bermanfaat bagi kesehatan ibu maupun bayi. Namun yang lain banyak yang tidak yakin bahwa ASI eksklusif saja tidak cukup sehingga ditambah dengan susu formula atau makanan lain.

Bahkan beberapa keluarga tidak memberika ASI sama sekali karena tidak menyadari manfaat ASI bagi ibu dan bayi yang tidak hanya berguna pada saat itu saja melainkan dan seumur hidup.

Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi:
Air susu ibu yang pertama kali keluar disebut dengan kolostrum yang warna kuning tua. Susu ini sangat kaya nutrisi dan termasuk antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi. Kolostrum juga membantu sistem pencernaan bayi yang baru lahir untuk tumbuh dan berfungsi baik.

Kolostrum akan berubah menjadi susu matang pada hari ketiga atau hari kelima setelah melahirkan. Susu matang ini memiliki komposisi lemak, gula, air, dan protein dalam jumlah yang tepat untuk membantu bayi terus tumbuh. Air susu ibu ini terlihat lebih encer dari kolostrum, tetapi memiliki nutrisi dan antibodi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan yang sehat.

Manfaat ASI eksklusif pada bayi:
- Bayi akan lebih kebal terhadap penyakit infeksi, karena dalam ASI Eksklusif terkandung zat-zat imun dari ibu.
- Penting bagi perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi secara dini.
- KejadaAn infeksi telinga atau congekan menjadi menurun berkat ASI.
- Penurunan risiko diare.
- Penurunan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).
- Bayi menjadi tidak atau jarang dirawat di rumah sakit karena penyakit serius.

Air susu ibu diproduksi oleh tubuh manusia (Ibu) dan diformulasikan khusus untuk anak manusia (Bayi), tentu ini adalah produk spesial yang memenuhi semua kebutuhan bayi, bahkan formulanya tidak dapat ditiru oleh susu formula secanggih apapun.

Fit Radio Semarang bersama Fera Utami, SKM membahas tentang peran ASI dalam tumbuh kembang bayi dan balita, Senin (12/8).

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 164 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×