Jumat, 16 Agustus 2019 21:52

Danramil beserta Tiga Pilar Matraman hadiri Pengukuhan Anggota Paskibra

Peristiwa

Danramil 02/Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono menghadiri upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera (Paskibra) tahun 2019 di Aula Kecamatan Matraman Jakarta timur, Jumat (16/08/2019).

Setelah sekian hari menjalani latihan para siswa-siswi yang direkrut dari beberapa sekolah tingkat SMA se Kecamatan Matraman sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 tanggal 17 Agutus 2019 esok hari bertempat di SMAN 22 Utan kayu Selatan.

Acara diawali dengan Pasukan Paskibra memasuki aula untuk prosesi upacara Pengukuhan. Selanjutnya pasukan upacara diambil alih oleh Komandan Upacara, setelah itu Camat Matraman Bambang Eko Prabowo S.IP selaku Inspektur Upacara memasuki tempat upacara dilanjutkan dengan penghormatan pasukan dan laporan Komandan Upacara bahwa upacara pengukuhan 46 orang Paskibra Kecamatan Matraman tahun 2019 siap dilaksanakan.

Camat Matraman didampingi Danramil 02/Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono dan Kanit Binmas Polsek Matraman menyampaikan pengarahannya pada upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera merah putih, diawali dengan ucapan syukur karena telah menyelesaikan serangkaian latihan Paskibra dengan lancar dan selamat.

Kepada pasukan Paskibra Camat Matraman meminta, “Agar adik-adik yang tergabung dalam Pasukan Paskibra bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945 serta Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di Sekolah maupun di rumah”.

Dikatakan oleh Camat Bambang, “Pengukuhan bermakna bahwa peserta Paskibra dengan tulus ikhlas berani berikrar, sebab yang penting adalah Penghayatan dan Pengamalan Pancasila secara praktis dalam kegiatan sehari-hari dan untuk itu para siswa-siswi semua harus siap mengucapkan Ikrar Putra putri Indonesia,” tandasnya.

Menindaklanjuti penegasan Camat selaku Inspektur upacara pengukuhan yang dipandu pengucapan Ikrar Putra putri Indonesia untuk Pasukan Paskibra. Usai pengucapan Ikrar Putra putri Indonesia dan penyematan tanda pengukuhan, sampailah pada sebuah kegiatan yang cukup mengharukan.

Yaitu ketika para pasukan pengibar bendera merah putih satu persatu mencium bendera Merah putih dengan iringan lagu Padamu Negeri sebagai bukti kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. Situasi pasukan pengibar bendera merah putih satu persatu mencium bendera, itu yang membuat hampir semua anggota Paskibra bahkan semua peserta upacara khidmat dan terharu dalam kecintaannya terhadap bangsa Indonesia.

Di akhir prosesi upacara pengukuhan diberikan kesempatan peserta upacara menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota Paskibra. Puncak dari kegiatan Pengukuhan Paskibra Kecamatan Matraman adalah selamatan dan doa bersama di Aula Kecamatan .

Tampak hadir Pejabat yang hadir yaitu Camat Bambang Eko Prabowo, S.IP, M.Si, Danramil 02/ Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono, Kanit Binmas Poksek Matraman Iptu Warsito, Sekcam Matraman, Kasatpel PTSP, Kasatpel Pemuda Olah Raga, Para Lurah danKepala Sekolah SMAN 22 Utan Kayu Selatan. (M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 233 Views

Update
No Update Available
Related News
Diduga terkena serangan jantung, seorang pria paruh baya tewas di dalam mobil
Polsek dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pancoran Mas Depok bagikan takjil kepada masyarakat
Satlantas Polres Jakarta Barat bersihkan ranting pohon tumbang di Jl. Puri Asri, Kembangan Jakarta Barat
×