Senin, 19 Agustus 2019 18:13

Fit Radio Talk bersama Dokter Rini Mulyani membahas kesehatan jiwa "Stres"

Kesehatan

Gejala stress bisa muncul berbeda-beda pada setiap orang. Tidak hanya dari sisi emosional, gejala stress juga mampu memicu beragam gangguan kesehatan pada tubuh.

Bisa dibilang, stress merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Ada beragam pemicu stress, mulai dari tubuh, pemikiran, dan lingkungan di sekitar.

Stress sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh dalam menghadapi perubahan atau kejadian tertentu. Stress bermanfaat secara positif karena membuat seseorang waspada dalam menghindari bahaya, namun juga dapat menjadi negatif jika stress berlangsung berlarut-larut.

Gejala stress dapat memengaruhi berbagai aspek, termasuk emosi, perilaku, kemampuan berpikir, bahkan kondisi kesehatan. Seluruh tubuh rentan terkena dampak stress. Gejala stress semakin berbahaya jika orang memilih cara yang tidak sehat untuk mengatasinya, seperti memanfaatkan kecanduan alkohol, merokok, ataupun narkoba.

Masing-masing orang dapat mengalami gejala yang berbeda-beda. Mulai dari gelisah, frustrasi, mood yang berubah-ubah, merasa kehilangan kendali, sulit merasa rileks, kesepian, menurunnya rasa percaya diri, merasa tidak berharga, hingga depresi. Gejala stress juga bisa berupa tindakan menarik diri dari orang lain atau lingkungan sosial.

Selain itu, perlu diketahui bahwa tingkat stress yang dirasakan tiap orang juga berbeda, tergantung masing-masing individu. Beberapa faktor yang memengaruhi seperti hubungan dengan orang lain, besarnya tanggung jawab, kejadian traumatis, dukungan yang diperoleh, dan lain-lain.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 435 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×