Selasa, 20 Agustus 2019 23:16

Dispen Lantamal VI jalin sinergitas kehumasan di Era Digital 4.0 bersama unsur maritim

Peristiwa

Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal VI menjalin sinergitas kehumasan di Era Digital 4.0 bersama unsur Maritim dengan ikut serta di Forum Kehumasan yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar di Gammara Hotel Makassar, Selasa (20/8).

Adapun tema dari acara ini yaitu “Membangun Sinergitas di Era Digital 4.0 Untuk Mendukung Fungsi Government Public” yang dimulai dari tanggal 20-22 Agustus 2019 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Otorutas Pelabuhan Utama Makassar Rahmatullah.

Kepala Bagian Perencanaan Strategi Komunikasi dan Evaluasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Farida Makhmuda dalam paparannya menyampaikan bahwa tahun 2020 Indonesia diproyeksikan menjadi ekonomi digital terbesar di ASEAN, artinya harus bertranformasi sesuai dengan perkembangan zaman dan mempunyai kompetensi, personalisasi konten, memahami tren global dan integritas.

Dalam paparan tersebut juga disampaikan tentang lima direktif Presiden Joko Widodo tentang kehumasan antara lain, humas harus aktif berkomunikasi kepada rakyat dan jangan menunggu informasi ramai beredar di masyarakat. Kedua, lanjut dia, humas harus mempunyai agenda setting dan narasi tunggal dalam berkomunikasi ke rakyat dan pemerintah harus mempunyai framing atas isu, ketiga menjelaskan isu secara terbuka kepada masyarakat. Keempat , jangan ego sektoral, jangan tarung informasi antar instansi pemerintah dan kelima mendorong keterlibatan publik dalam pengambilan keputusan.

Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo juga mengatakan bahwa era digital merupakan era dimana kehumasan dihadapkan dengan kemajuan teknologi untuk terus meningkatkan komunikasi di antara sesama kehumasan instansi lainnya guna menyaring berbagai informasi yang beredar di masyarakat.

“Komunikasi antar instansi di era digital seperti sekarang ini tentunya sangat penting, untuk itulah perlunya adanya sinergitas kehumasan antar instansi, khususnya Instansi Maritim khususnya di kota Makassar agar dapat mengikuti perkembangan zaman serta dapat mengkoordinasikan dengan pihak terkait tentang berbagai informasi yang beredar di masyarakat," pungkasnya.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 328 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×