Sabtu, 24 Agustus 2019 12:15

Fit Radio Klinik bersama Stephani Nesya Rena Mastika dengan tema `pengaturan makanan untuk diet diabetes`

Kesehatan

Diabetes merupakan penyakit seumur hidup. Oleh karena itu, pengidap diabetes (diabetisi) harus pintar-pintar memilih menu makan sehari-hari dan merencanakan pola makan yang lebih sehat. Pasalnya pola makan sehat bisa mengurangi atau bahkan membatalkan berbagai risiko komplikasi diabetes yang mengintai. Lalu bagaimana aturan makan untuk diabetes yang benar?

Merencanakan pola makan adalah hal yang penting untuk dilakukan para penderita diabetes. Salah-salah pilih makanan atau menerapkan pola makan, justru bikin kesehatan Anda jadi sasarannya. Tidak sulit kok untuk menerapkan aturan makan untuk diabetes. Anda hanya harus mengikuti prinsip 3J (Jenis, Jumlah, Jam).

1. Jenis

Diabetisi harus memilih jenis makanan dengan tepat. Hindari makanan yang mengandung gula atau jenis karbohidrat sederhana, seperti makanan manis, madu, gula, susu kental manis. Tetapi, bukan berarti Anda harus menghindari karbohidrat sama sekali. Tubuh Anda tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama.

Anda memerlukan karbohidrat sebanyak 50% dari total kebutuhan kalori. Tetapi, pilihlah jenis karbohidrat kompleks dan mengandung banyak serat, seperti nasi merah atau roti yang terbuat dari gandum utuh. Sementara, Anda juga masih membutuhkan lemak, namun hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan dan fast food.

Jangan lupa untuk perbanyak serat dan kurangi konsumsi natrium yang ada di dalam garam serta makanan kemasan. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

2. Jumlah

Setiap orang sebenarnya harus mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sesuai kebutuhannya. Kebutuhan kalori setiap orang akan berbeda, tergantung jenis kelamin, kondisi kesehatan, berat badan , dan tinggi badan. Anda bisa tahu berapa kebutuhan kalori Anda per hari yang lebih mendetail dengan berkonsultasi pada ahli gizi.

Rata-rata kebutuhan penderita diabetes yakni karbohidrat 50-60 persen, protein 10-15 persen dan lemak 20-25 persen dari kebutuhan kalori. Selanjutnya, untuk serat harus mencukupi 25 gram per hari.

3. Jam

Selain jenis dan jumlah, Anda juga harus mengatur jam makan Anda setiap hari. Buat jadwal makan, sehingga setiap hari Anda akan memiliki jam makan yang sama. Misalnya, sarapan jam 6 pagi, camilan jam 10 pagi, makan siang jam 12 pagi, camilan 4 sore, dan makan malam jam 7 malam.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 149 Views

Update
No Update Available
Related News
Fit Radio Klinik membahas `Guided Imagery`
Hallo Puskesmas membahas `PROLANIS: Diabetes Melitus`
Ternyata, 90 persen penyebab hipertensi tidak diketahui