Jumat, 13 September 2019 18:19

Inovasi aplikasi AIKO-KLHK

Kreativitas

Puslitbang Hasil Hutan (P3HH) pada Badan Litbang dan Inovasi (BLI) terus berinovasi. Karya inovatifnya berupa sistem identifikasi kayu otomatis yang dikembangkan sejak 2011, kini semakin aplikatif.

Dengan nama Alat Identifikasi Kayu Otomatis-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (AIKO-KLHK), inovasi ini resmi diluncurkan untuk publik oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan diwakili Sekretaris Jenderal KLHK pada 29 Agustus 2019 di Manggala Wanabakti dalam acara Gelar Kebangsaan 2019. 

Aplikasi AIKO-KLHK dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini telah mengalami perkembangan pesat dari versi pendahulunya, AIKO-2018 dan WoodID-2017, yang dikembangkan bersama Pusat Penelitian Informatika LIPI dengan mekanisme pendanaan dari Insinas Kemenristekdikti. 

Platfor AIKO-KLHK berkembang, tidak terbatas aplikasi Android untuk identifikasi kayu secara online melainkan juga offline. Manajemen formasi berbasis website dan Android pun telah melengkapi versi terbaru ini. Manajemen formasi ini memungkinkan rekaman data pengguna AIKO-KLHK menjadi proses pendataan dan pemetaan jenis-jenis kayu di Indonesia yang dapat menjadi informasi yang sangat berguna. 

Kemampuan identifikasinya pun meningkat hingga 823 jenis kayu perdagangan Indonesia, jauh melebihi AIKO-2018 yang kemampuan identifikasinya hanya sampai 144 jenis. Selain identifikasi jenis, AIKO-KLHK juga mampu membedakan asal lokasi geografis berdasarkan kedekatan image dengan jenis kayu dari lokasi tertentu. 

Informasi status konservasi (CITES, IUCN dan SK Men-LHK) pun dapat diketahui, dan memungkinkan untuk diintegrasikan dengan Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) online. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas pencarian pada menu ‘Pustaka’ yang memungkinkan penelusuran informasi suatu jenis kayu dilengkapi foto makroskopis yang tersimpan. Kemampuan-kemampuan tersebut, tidak dapat ditemui pada versi sebelumnya. 

“AIKO-KLHK akan terus dikembangkan, baik jenis kayu, kemutakhiran sistem, maupun informasi lain yang disajikan,” jelas Dr. Dwi Sudharto, Kepala P3HH, saat peluncuran.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 484 Views

Update
No Update Available
Related News
Darrel Haidar, Santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an, Raih Juara 3 di Kompetisi Robot Internasional
OKP PHUTE Aniversari ke 23, Menyantuni Yatim Piatu
12 Tahun OI Kembang Pete jadi pemuda kreasi
×