Rabu, 18 September 2019 00:11

Kodim 0503/ JB gelar Komsos Mentalitas dan Pemahaman Ideologi Pancasila

Peristiwa

Komando Distrik Militer (Kodim) 0503/Jakarta Barat melaksanakan kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Tema "Melalui kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Radikalisme/Separatisme, Kita Perkokoh Mentalitas dan Pemahaman Ideologi Pancasila Guna Mencegah Ancaman Radikalisme/Separatisme Dalam Rangka Mewujudkan Alat Juang Pertahanan Yang Tangguh", yang digelar di Aula Makodim 0503/JB Jalan Letjen S. Parman, No. 3, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (17/9).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Laporan.

Dalam sambutannya Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebagai pembinaan masyarakat untuk dapat mendeteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada Radikalisme/Separatisme.

Ia pun menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang harmonis untuk meningkatkan tali silaturahmi prajurit TNI Khususnya Kodim 0503/JB dengan komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal Radikalisme/Separatisme.

“Radikalisme atau ada lagi yang katakan Ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila, seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” jelas Dandim.

“Selain itu juga, Separatisme, yang ingin memecah belah NKRI. Semuanya itu harus di cegah dan ditangkal,” tandasnya.

Selanjutnya tambah Dandim, kegiatan Komsos ini juga untuk meningkatkan pengawasan dan cegah dini masyarakat terhadap kelompok Radikalisme/Separatisme terutama yang sudah dilarang. Sedangkan kepada anak muda, jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak benar dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju, aman dan sejahtera.

“Kita wujudkan saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi serta mencegah terhadap muncul dan masuknya paham Radikalisme/Separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat,” tegas Dandim.

Di akhir sambutannya, Dandim 0503/JB menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila, dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut.

“Pada intinya adalah kita sebagai aparat pemerintah mari kita laksanakan tugas kita sebagai pelayan masyarakat yang baik sehingga masyarakat menjadi senang dan aman dengan adanya kita disini,” pungkasnya.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0503/JB, Lettu Inf Sriyanto yang juga membawa materi memaparkan secara singkat, Pembulatan Radikalisme dan Intoleransi. Radikalisme adalah suatu paham yang inginkan perubahan dengan cara revolusioner, bersikap ekslusif, aktif menggunakan kekerasan dan merusak simbol fisik, radikalisme berada ditaraf aksi psikomoto, Radikalisme dapat diobservasi secara terbuka oleh Dansat, Rekan, Anggota dan Keluarga.

“Intoleransi adalah suatu sikap yang tidak menghargai perbedaan, meliputi anti kebhinekaan, menolak demokrasi dan mengingkan untuk merubah Konsensus Nasional. Anti Konsensus Nasional (Pancasila UUD 1945, NKRI & Bhineka Tunggal Ika, Anti Demokrasi, Memiliki paham Takfiri (Yang mau merusak pancasila atau mengkafirkan tdk mengakui pancasila)," papar Lettu Inf Sriyanto.

Setelah Sambutan Ka Kesbangpol, Ketua FKUB, Ketua FPK, Ketua FKPPI,
Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan yang langsung diserahkan oleh Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos kepada Kasat Sabhara Polres Metro Jakarta Barat AKBP Haruaman Manurung, Perwakilan Ketua FKUB Jakarta Barat Bapak Lukman Hakim, Kepala Suku Badan Kesbangpol Kota Jakarta Barat Bapak Dirhamul Nugraha, Ketua FPK Jakarta Barat Bapak H. Ikhsan dan Ketua FKPPI Jakbar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi. S, Sos, Para Perwira Staf beserta para Danramil Kodim 0503/JB, Kapolres Metro Jakbar yang diwakili Kasat Sabhara Polres Metro Jakarta Barat AKBP Haruaman Manurung beserta Jajarannya, Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat Bapak Dirhamul Nugraha, Perwakilan Ketua FKUB Jakarta Barat Bapak Lukman Hakim, Ketua FPK Jakarta Barat Bapak H. Ikhsan, Ketua Mitra Jaya Kodim 0503/JB Bhakti Dewanto, SH., MH., Perwakilan Mitra Jaya Koramil, Ustadz Syarif Hidayat, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Ormas Forkabi Jakbar, Ketua FKPPI Jakbar dan jajarannya serta Para tamu undangan.

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat dan ditutup dengan pembacaan do'a, ramah tamah serta foto bersama. (M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 99 Views

Update
No Update Available
Related News
Polisi Kota Bandung sita puluhan botol miras di bulan suci Ramadan
Setelah hilang 3,5 hari, jasad Masruri ditemukan di bawah jembatan Ketiwon, Dampyak Kabupaten Tegal
10.000 paket sembako murah disalurkan ke masyarakat Kota Bandung melalui MTP
×