Rabu, 18 September 2019 13:58

Tips bila pecah ban, jangan sekali-kali injak rem

Otomotif

Kecelakaan seringkali terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu karena pengemudi lalai memeriksa kendaraan sebelum digunakan. Salah satu penyebab fatal kecelakaan mobil dalam kecepatan tinggi, adalah karena masalah pecahnya ban mobil.

Kondisi pecah ban merupakan kejadian yang telah berulang kali terjadi dan kondisi ini diperparah lagi dengan reaksi pengemudi yang salah dalam menghadapi situasi ini.

Sonny Suksmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) pun bereaksi dan memberikan pencerahan mengenai cara menghadapi situasi jika terjadi pecah ban saat berkendara. “Hal terpenting saat terjadi pecah ban adalah pengemudi jangan panik sehingga bisa berfikir dengan jernih,” kata dia.

Setelah syarat dasar tadi terpenuhi, perhatikanlah langkah selanjutnya :

1. Tahan setir ke arah depan.
Biasanya kondisi arah mobil akan berubah sesuai dengan bagian ban yang pecah dan diupayakan agar arah mobil lurus ke depan. Hal ini untuk mengantipasi terjadinya roll over atau terbalik.

2. Jangan menginjak rem
Menginjak rem berakibat akan menyebabkan mobil terbalik karena terjadi cengkraman yang tidak seimbang antara bagian ban yang pecah dengan ban yang masih normal. Lepas pedal gas dan biarkan mobil melambat dengan sendirinya.

3. Tidak menginjak kopling
Bagi kendaraan bertransmisi manual jangan menginjak kopling karena akan menghilangkan engine brake sebagai unsur yang memperlambat laju kendaraan.

4. Tidak menurunkan rasio gir
Bagi kendaraan bertransmisi matic, jangan menurunkan kecepatan dengan melakukan shift ke posisi gigi lebih rendah dengan harapan untuk mendapatkan engine brake yang lebih besar. Kondisi ini memberi reaksi terutama pada cengkraman ban yang berbeda yang akan berakibat mobil jadi susah dikendalikan.

favorite 2 likes

question_answer 1 Updates

visibility 545 Views

Update
Jangan lupa slalu berdoa
Senin, 23 September 2019 14:54

Related News
New Expander & Expander Cross, makin menggeliat di pasar otomotif Lampung
Seharian penuh, Desa Karang Anyar berubah jadi kampungnya raiders trail
Bamsoet: IMI siapkan pembangunan Bintan Motorsport
×