Sabtu, 21 September 2019 15:14

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Halmahera Semarang bahas `VCT`

Kesehatan

VCT adalah voluntary counselling and testing atau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT. HIV/AIDS masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan, terutama di negara-negara berkembang.

Adanya VCT sangat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah meluncurkan panduan VCT yang berguna dalam mendeteksi dan menangani HIV secara global. Pedoman tersebut kemudian diterapkan di berbagai negara, khususnya negara berkembang.

Pada prinsipnya VCT bersifat rahasia dan dilakukan secara sukarela. Artinya hanya dilakukan atas inisiatif dan persetujuan seseorang yang datang pada penyedia layanan VCT untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan pun terjaga kerahasiaannya.

Hallo Puskesmas bersama dr. Elianna Widiastuti dan Feby Kumala Sari, SKM dari Puskesmas Halmahera Semarang, Sabtu (21/9) dengan tema `VCT`

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 466 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×