Sabtu, 21 September 2019 08:14

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Halmahera Semarang bahas `VCT`

Kesehatan

VCT adalah voluntary counselling and testing atau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT. HIV/AIDS masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan, terutama di negara-negara berkembang.

Adanya VCT sangat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah meluncurkan panduan VCT yang berguna dalam mendeteksi dan menangani HIV secara global. Pedoman tersebut kemudian diterapkan di berbagai negara, khususnya negara berkembang.

Pada prinsipnya VCT bersifat rahasia dan dilakukan secara sukarela. Artinya hanya dilakukan atas inisiatif dan persetujuan seseorang yang datang pada penyedia layanan VCT untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan pun terjaga kerahasiaannya.

Hallo Puskesmas bersama dr. Elianna Widiastuti dan Feby Kumala Sari, SKM dari Puskesmas Halmahera Semarang, Sabtu (21/9) dengan tema `VCT`

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 73 Views

Update
No Update Available
Related News
Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Pegandan Semarang bahas TBC
Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Manyaran Semarang bahas CTPS cegah 1000 penyakit
Hallo Puskesmas bersama Neny Yuliani dan Larisa Rizki dari Puskesmas Bugangan dengan tema Kesehatan Lansia