Senin, 23 September 2019 02:48

Launching HT-el, Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin menuju era 4.0

Peristiwa

Menghadapi tantangan kemajuan zaman di era digital saat ini, maka perlu diubah cara pandang terkait surat-menyurat. Dari cara manual ke arah yang lebih praktis berbasis digital guna efektif dan efisien secara daring. Yaitu dengan Layanan Elektronik Hak Tanggungan (HT-el).

"Ini merupakan amanah dari Pak Menteri, karena kita sudah memasuki era 4.0. Perubahan yang mengikuti zaman harus terus dilakukan. Tujuan aplikasi ini untuk mengurangi keberadaan arsip, serta menghindari pungutan tidak resmi," ujar Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan Yuniar Hikmat Ginanjar, dalam acara peluncuran Layanan Elektronik Hak Tanggungan (HT-el), di Kantor BPN Kota Banjarmasin, Banjarmasin, Kamis (19/09).

Lebih lanjut Ginanjar menjelaskan jika dibutuhkan komitmen yang besar untuk melakukan sebuah perubahan yang besar. "Suka tidak suka mau tidak mau harus dilakukan, Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Banjarmasin, merupakan salah satu dari 42 Kantor Pertanahan yang juga ditunjuk menjadi pilot project. Tetapi semua Kantah Provinsi Kalimantan Selatan harus juga mempersiapkan diri," tambah Ginanjar.

Kepala Kantor BPN Kota Banjarmasin Darman Hutasoit, menegaskan meskipun pendaftaran secara daring masih sangat rendah hanya 15 persen tetapi upaya terus dilakukan salah satunya dengan pembuatan pelayanan tiga hari (Pelita). "Pelita ini dibuat untuk memacu teman-teman Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk menggunakan layanan itu. Peralihan hak selama tiga hari jika dilakukan secara daring, tetapi kalau masih manual maka 5 hari," kata Darman Hutasoit.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan Didik, menjelaskan pelayanan HT-el ini dirancang untuk kemudahan. "Dimana Pemohon hanya datang ke Bank untuk pengajuan berkas HT nya, kemudian sistem yang akan menjalankan berkasnya secara otomatis untuk diproses oleh Bank, PPAT serta Kantor Pertanahan. Proses ini akan selesai dalam jangka waktu 7 hari," jelasnya.

Acara launching HT-el yang dilaksanakan di Kantah Kota Banjarmasin ini, dihadiri pula oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan Bank serta beberapa PPAT. (Sumber : ATR/BPN)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 267 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×