Kamis, 03 Oktober 2019 15:22

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Kagok bahas kesehatan jiwa

Kesehatan

Merujuk data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan prevalensi rumah tangga dengan anggota yang menderita skizofrenia atau psikosis sebesar 7 per 1000 dengan cakupan pengobatan 84,9 persen.

Sementara itu, prevalensi gangguan mental emosional pada remaja berumur lebih dari 15 tahun sebesar 9,8 persen. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2013 yaitu sebesar 6 persen.

Sebab itu persoalan kesehatan jiwa tidak bisa dianggap sepele. Perlu dicegah dan dikendalikan dengan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Perlu adanya upaya kesehatan secara komprehensif dengan mendorong perlibatan serta tanggung jawab bersama semua aktor pembangunan secara inklusi, tidak hanya berbasis fasilitas kesehatan, individu, dan keluarga, namun juga komunitas di dalam satu wilayah.

Sehingga ke depannya, tidak hanya terfokus pada aspek pengobatannya saja. Melainkan juga pada aspek pencegahannya. Pentingnya berlaku peduli terhadap lingkungan agar permasalahan kesehatan jiwa dapat menurun.

Hallo Puskesmas bersama dr. Husnul Puspo dari Puskesmas Kagok, Kamis (3/10), membahas kesehatan jiwa.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 227 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×