Selasa, 08 Oktober 2019 02:14

Sistem pembayaran Indonesia 2025

Ekonomi

Berdasarkan visi Bank Indonesia (BI) yakni Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang akan mengakomodasi sektor keuangan, terdapat lima `working group` yang disiapkan bank sentral untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital.

Dalam Special Event `Menuju Indonesia Unggul Melalui Ekonomi Digital` yang diselenggarakan oleh IDX Channel di Ritz Carlton Jakarta, pada Senin (7/10), Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Erwin Haryono, memaparkan lima working group yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

Erwin memaparkan bahwa working group ini akan dikembangkan untuk mendorong percepatan arah digitalisasi. Grup pertama fokus kepada open banking yang diharapkan akan memberikan kenyamanan kepada pengguna menggunakan teknologi yang didasari standarisasi teknologi interkoneksi (API).

Grup kedua, difokuskan kepada pembangunan ekosistem pembayaran end to end menjadi retail payment yang bekerja selama 24 jam dengan menggunakan QR Code. Group ketiga, merealisasikan RISE Value Payment System generasi 3.

Grup keempat difokuskan dalam pemaksimalan penggunaan data yang dapat digunakan untuk kontribusi kepada ekonomi. Grup kelima akan ditugaskan guna mewujudkan sistem pembayaran yang lebih suportif kepada arus digitalisasi.

Diharapkan melalui strategi 5 working group tersebut, ungkap Erwin, Bank Indonesia mampu mempercepat digitalisasi perbankan. Diharapkan visi di 2025 tercapai dengan mulus.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 191 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah
Instruksi Presiden Xi terkait penanaman di musim semi
Unsur apa saja yang mendukung ekonomi Tiongkok terus membaik?
×