Rabu, 09 Oktober 2019 20:11

Menristekdikti telah resmikan gedung CRC dan Launching Science Techno Park di IPB Bogor

Peristiwa

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir meresmikan Gedung Collaborative Research Center (CRC) dan Launching Science Techno Park (STP) IPB University di Kampus Taman Kencana, Bogor, Jumat (4/10).

STP IPB University berperan memfasilitasi kerjasama industri dalam penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) serta analisis laboratorium yang didukung oleh pakar-pakar IPB University yang ahli di bidangnya.

“IPB University yang paling maju dalam penelitian inovatif. Setiap tahunnya penelitian yang diterbitkan oleh Kemenristekdikti berasal dari IPB University. Gedung STP IPB University yang telah dibangun, mudah-mudahan dapat mendorong para inovator dan investor untuk terus berkreasi memajukan pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di bidang pertanian dalam arti luas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IPB University, Dr Arif Satria mengatakan bahwa STP IPB University ini didesain setaraf dengan kelas dunia. Sudah ada 265 tenant Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibina STP IPB University. Industri besar juga sudah mulai masuk. “Untuk start up kita juga bantu dari segi financing atau pembiayaan. Kita intermediasi antara UMKM dengan lembaga perbankan,” terangnya.

Sampai dengan tahun 2019, IPB University telah menghasilkan sebanyak 469 paten, dimana 157 diantaranya telah Granted. Perolehan paten adalah sebuah prestasi yang perlu terus kita dorong dan tingkatkan jumlah dan kualitasnya.

Capaian ini membuat IPB University meraih berbagai penghargaan seperti Widya Padhi selama tiga tahun berturut-turut (Kategori Produk Inovasi), Shinta Award (peringkat I kategori paling produktif menghasilkan paten), Widya Krida (peringkat I kategori menghasilkan perusahaan pemula berbasis teknologi dan inkubator bisnis yang terakreditasi peringkat utama).

Namun ini bukan tujuan akhir dari kultur academic excellence, IPB University akan terus memberikan inovasi-inovasi dan juga paten yang benar-benar bisa langsung diterapkan di dunia industri dan masyarakat.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 533 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×