Kamis, 10 Oktober 2019 08:22

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Kagok Semarang bahas PHBS: CTPS

Kesehatan

Mencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia di dunia. Tapi membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau.

Selain itu, air mengalir dapat diupayakan hampir di setiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar.

CTPS yang benar adalah dengan memakai sabun dan air mengalir. Alasan dibaliknya adalah bahwa sabun terdiri dari rantai karbon hidrofobik yang melekat pada kuman di tangan yang disabuni dan membentuk molekul yang sangat halus. Ketika tangan dibilas air, sabun menggelontorkan molekul tersebut bersama kuman dan air bilasan. Dengan mekanisme inilah sabun mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular.

Banyak penelitian menemukan bahwa CTPS dapat menurunkan insiden diare sebanyak 42-47%, pneumonia 50%, dan flu burung 50%. Di samping itu, CTPS juga dapat mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit.

CTPS juga dapat mengurangi kematian bayi baru lahir, dimana 50% kematian bayi ini terjadi di rumah dimana ibunya kurang atau tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai perawatan bayi baru lahir.

Hallo Puskesmas bersama Adhiana Aysya, SKM dan Annisa, SKM dari Puskesmas Kagok Semarang, membahas PHBS: CTPS

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 44 Views

Update
No Update Available
Related News
Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Pegandan Semarang bahas TBC
Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Manyaran Semarang bahas CTPS cegah 1000 penyakit
Hallo Puskesmas bersama Neny Yuliani dan Larisa Rizki dari Puskesmas Bugangan dengan tema Kesehatan Lansia