Sabtu, 12 Oktober 2019 00:28

Mari jaga tanaman abadi Edelweiss di TN Tambora, agar tetap abadi

Lingkungan

Taman Nasional Tambora adalah salah satu kawasan konservasi di NTB, selain beberapa jenis hewan dilindungi, terdapat juga jenis tanaman yang dilindungi di TN. Tambora, salah satunya adalah Edelweiss ( _Anaphalis javanica_ ). Terbatasnya persebaran tumbuhan ini yang hanya dapat tumbuh di Indonesia pada ketinggian diatas 2000 mdpl, menjadikan tumbuhan Edelweiss tergolong langka dan harus dilindungi.

Walaupun Edelweiss di keliling bibir Caldera dan sepanjang jalur pendakian tersebar merata disekitar 2000an meter keatas, para pendaki dapat dengan mudah menemukan rimbunnya Edelweiss di sekeliling TN. Tambora. Namun bukan tidak mungkin dia akan benar-benar punah jika kita tidak menjaga eksistensi nya. Sebagaimana yang terjadi di beberapa kawasan pegunungan lainnya di Indonesia.

Beberapa upaya dilakukan Balai TN Tambora, bersama mitra dan pihak terkait lainnya untuk tetap melestarikan Edelweiss. Diantaranya adalah terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, melakukan pembinaan kepada _guide porter_ agar selalu menjaga dan mengawasi juga mengarahkan para pengunjung untuk mentaati peraturan agar tidak memetik atau merusak tumbuhan Edelweiss, memasang papan peringatan perlindungan Edelweiss, selain itu, juga melakukan pemeriksaan pada pengunjung yang turun dari pendakian dan memberikan sanksi jika kedapatan ada pendaki yang menyimpan atau membawa tumbuhan tersebut.

Mari bersama kita bangun kesadaran untuk menjaga dan melindungi Edelweiss agar tetap lestari, pada para pengunjung yang pada umumnya pecinta alam, mari kita buktikan bahwa cinta pada alam bukan hanya slogan semata, dalam wujud nyata dengan menjaga dan memelihara.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 375 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping: Hendaknya seluruh masyarakat praktikkan konsep “air jernih dan gunung hijau adalah Gunung Emas dan Gunung Perak”
Kisah Xi Jinping pimpin pembangunan peradaban ekologis Tiongkok
Niat politikus Jepang yang ingin mengaburkan rencana pembuangan air limbah nuklirnya ke laut kembali sia-sia
×