Senin, 14 Oktober 2019 04:33

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Manyaran Semarang bahas CTPS cegah 1000 penyakit

Kesehatan

Banyak penelitian menemukan bahwa Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dapat menurunkan insiden diare sebanyak 42-47 persen, pneumonia 50 persen dan Flu burung 50 persen. Di samping itu, CTPS juga dapat mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit.

CTPS juga dapat mengurangi kematian bayi baru lahir, dimana 50 persen kematian bayi ini terjadi di rumah dimana ibunya kurang atau tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai perawatan bayi baru lahir.

Sering kali tidak disadari betapa banyak benda yang disentuh selama kurun waktu 1 jam saja. Terlebih lagi, ukuran kuman-kuman yang mungkin tersentuh oleh tangan sangat kecil dan tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Oleh sebab itu, perilaku CTPS sangat disarankan. Lima waktu terpenting untuk cuci tangan pakai sabun yaitu: sesudah ke WC atau Buang Air Besar, sebelum makan, sebelum menyusui bayi atau menyuapi bayi/anak, sesudah menceboki bayi/anak dan sesudah memegang binatang/ternak.

Hallo Puskesmas bersama Winarni, SKM dan Fera Utami, SKM dari Puskesmas Manyaran Semarang, Senin (14/10), membahas CTPS cegah 1000 penyakit.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 178 Views

Update
No Update Available
Related News
Hasil penelitian Oxford University: Virus Corona berhibernasi dalam jangka panjang dan sumbernya mungkin bukan dari Tiongkok
Profesor Biologi Universitas Barcelona Albert Bosch: COVID-19 terdeteksi dari air limbah Maret 2019 di Spanyol
Guyz, mau tahu panduan umum protokol kesehatan pada masa PSBB Transisi DKI Jakarta? Nih baca...
×