Sabtu, 19 Oktober 2019 16:10

FitRadioKlinik bersama Mike Saeli Y, S.Kep., Ns dan Saroh, S.Kep., dari Foid Indonesia membahas tips sehat diabetes

Kesehatan

Gaya hidup masyarakat modern yang semakin tidak sehat ternyata juga berimbas pada semakin banyaknya jumlah penderita diabetes di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyebutkan bahwa setidaknya ada 422 juta orang dewasa yang mengidap penyakit ini pada tahun 2014 lalu.

Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan dari penderita diabetes ini tidak akan berumur panjang sebagaimana data pada tahun 2012 yang menyebutkan bahwa 43 persen penderita diabetes tidak akan mampu bertahan hidup hingga usia 70 tahun.

Penderita diabetes harus mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter secara teratur dan tidak boleh terlewat sekalipun seumur hidupnya. Jika sampai mereka malas mengkonsumsi obat, maka dikhawatirkan kadar gula darah dalam tubuhnya tidak akan terkendali dan bisa menyebabkan komplikasi mematikan.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk menerapkan pola makan 3T yang berarti tepat jumlah, tepat jenis, dan tepat jadwal demi menjaga kadar gula dalam darah sekaligus mencegah datangnya komplikasi diabetes. Hal ini berarti, penderita diabetes tidak bisa lagi dengan sembarangan memilih makanan yang bisa dikonsumsi. Penderita diabetes harus menghindari makanan manis seperti permen, kue, atau makanan dan minuman yang kaya gula lainnya.

Untuk makanan pokok, mereka juga sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan kaya serat seperti nasi merah atau roti gandum. Selain itu, ada baiknya penderita diabetes tidak mengkonsumsi makanan dengan berlebihan dan selalu mengkonsumsinya tepat waktu agar tubuh bisa mengolah makanan dengan baik.

Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih alas kaki karena jika hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya resiko terkena luka atau borok yang sulit untuk disembuhkan akibat dari sudah rusaknya saraf pada bagian kaki penderita diabetes. Jika hal ini terjadi, bisa jadi luka ini akan berimbas menjadi amputasi. Pakar kesehatan menyarankan penggunaan alas kaki dengan sol yang cenderung tebal dan menutup punggung kaki dengan sempurna.

Demi menjaga kadar gula dalam darah, penderita diabetes sangatlah disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Hanya saja, pastikan untuk memakai peralatan olahraga yang sesuai agar tidak mudah terluka.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 205 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×