Rabu, 23 Oktober 2019 10:10

Membahas posyandu remaja bersama Puskesmas Bulun Lor Semarang

Kesehatan

Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Umumnya masa peralihan, jiwa seorang “remaja” seringkali masih labil, sedang dalam masa pencarian jati diri, penyesuaian dengan lawan jenis, dan cenderung mulai memisahkan diri dari keluarga. Masa remaja ini juga masa-masa strategis untuk pembentukan pola perilaku, pemilihan gaya hidup, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Manfaat penting posyandu remaja, yaitu:

1. Pengecekan kesehatan remaja

Kegiatan posyandu remaja ini diawali dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, juga pengukuran tekanan darah dari setiap remaja yang hadir. Pengecekan kesehatan remaja yang teratur dapat membantu tumbuh kembang remaja yang lebih optimal. Apalagi bila disertai dengan berbagai konseling, seperti gizi hingga konseling permasalahan remaja. Dengan begitu, kesehatan remaja secara fisik maupun mental dapat terpantau dengan lebih baik.

2. Sarana sosialisasi sesama remaja

Sesuai dengan usianya yang belasan tahun, antara 11-20 tahun, remaja sangat membutuhkan wadah sosialisasi yang positif. Bertemu dengan teman sebaya, bertukar informasi, cerita, dan pengalaman dalam situasi yang santai. Sehingga dapat saling memberi masukan, bertukar pikiran, bahkan saling memotivasi satu sama lain. Tumbuh di lingkungan yang positif tentu dapat memberi sugesti yang positif pula bagi remaja dan perkembangan psikologisnya.

3. Menambah pengetahuan dan wawasan bagi remaja

Dalam pelaksanaan posyandu remaja, sesuai dengan fokusnya tentang permasalahan kesehatan remaja, hadir pula narasumber yang memberikan berbagai pengetahuan baru seputar kesehatan, pemenuhan gizi, maupun perkembangan psikologis remaja. Wawasan remaja juga akan semakin luas karena mendapat berbagai ilmu baru seperti tentang sanitasi, obesitas, bahaya merokok, juga penyakit degeneratif dan berbagai cara pencegahannya. Dalam perkembangannya, tidak tertutup juga kemungkinan penambahan pengetahuan-pengetahuan baru dari berbagai narasumber tentang kewirausahaan atau keterampilan. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi remaja untuk meningkatkan kualitas hidup mereka selanjutnya.

4. Mengurangi permasalahan remaja

Dengan berbagai kegiatan dan pengetahuan positif di dalamnya, posyandu remaja ini dapat menjadi salah satu sarana untuk mengurangi bahkan menangkal kenakalan remaja. Melalui hal itu, remaja mendapat pemahaman tentang hal-hal positif yang dapat dilakukan untuk mengisi masa-masa remaja mereka. Dengan begitu, remaja diharapkan dapat memilih dan memilah sendiri, kegiatan apa yang lebih bermanfaat untuk masa depannya dan mana yang tidak. Jauh lebih baik, daripada hanya melakukan hal-hal destruktif dan dapat menghambat kemajuan diri mereka sendiri.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 33 Views

Update
No Update Available
Related News
Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Sekaran bahas `Dagusibu`
Penting! Cara menjaga organ reproduksi
Tips sehat minum kopi