Rabu, 23 Oktober 2019 10:45

Personel Lantamal VI menerima ceramah tentang manfaat berzakat

Press Release

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) mengadakan siraman rohani bagi personel Lantamal VI bertempat di Masjid Jami’atul Bahari, Mako Lantamal VI, Rabu (23/10).

Siraman rohani yang dilaksanakan adalah berupa ceramah agama Islam yang dibawakan oleh Ustadz KH. Sudirman S. Ag. Dengan membawakan materi tentang manfaat berzakat bagi umat muslim.

Penceramah menyampaikan bahwa zakat yang kita keluarkan sesungguhnya adalah sarana pembersih harta kita sendiri. “Dengan berzakat, kita belajar untuk ikhlas dan mensyukuri apa yang kita miliki karena sesungguhnya harta yang kita miliki adalah milik Allah SWT bukan milik kita,” ujar ustadz KH. Sudirman.

Ustadz KH. Sudirman S. Ag. mengajak kepada para jamaah Lantamal VI untuk menyisihkan sebagian dari harta untuk berzakat guna untuk menunaikan kewajiban, hak-hak kita dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Sesungguhnya menunaikan atau membayar zakat adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim. Adanya zakat memberikan contoh kepada seseorang untuk bersikap ikhlas dan dermawan, sekaligus menciptakan kepedulian terhadap mereka para yatim dan dhuafa, serta fakir miskin. Zakat mempunyai banyak manfaat baik dari sisi sosial maupun keagamaan. Bagi umat Islam yang membayar zakat akan mendapatkan pahala yang besar. Allah berjanji akan menghapus segala dosa yang dimiliki seseorang. "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa," kata penceramah mengutip QS. Al Baqarah: 276

Menurut Kepala Bagian Perawatan Staf Personel (Pabanwat Spers) Lantamal VI Mayor Laut (KH/W) Murni, S.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ceramah keagamaan seperti ini bertujuan untuk memberikan siraman rohani serta untuk menambah pengetahuan akan agama, khususnya ilmu tentang agama Islam kepada para personel Lantamal VI yang beragama Islam.

“Dengan adanya kegiatan keagamaan, diharapkan kepada seluruh personel dapat mengambil makna dan pengetahuan yang diberikan penceramah, sehingga bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan dapat sebagai batasan akan perilaku dan tindakan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari karena agama merupakan cermin kehidupan yang harus diikuti bagi pemeluknya”, ujarnya.

Kegiatan siraman rohani berupa ceramah agama Islam yang diikuti seluruh personel Lantamal VI tersebut merupakan kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali.

Turut hadir dalam ceramah agama Islam tersebut, Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Inca Hanarko Djodi Pamungkas dan pengurus Korcab VI DJA II beserta Majelis Taklim kompleks TNI AL .

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 42 Views

Update
No Update Available
Related News
Danguspurla Koarmada II kunjungi pusat operasi Kosekhanudnas II
Sinergitas jaga keutuhan NKRI, Danguspurla Koarmada II kunjungan kehormatan di Mako Koopsau II
Coaching Clinic Taruna AAL berhasil tumbuhkan bakat siswa-siswi Hang Tuah Makassar bermain drumband