Senin, 11 November 2019 06:16

Binter terpadu, Kodim 0503/JB gelar lomba pidato kebangsaan

Peristiwa

Usai mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan, Komandan Kodim (Dandim) 0503/JB, Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos., bersama Wali Kota Adm. Jakarta Barat Drs. H. Rustam Efendi, M.Si dan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, S.IK., MH, menghadiri giat lomba pidato kebangsaan dalam rangka memperingati hari pahlawan yang dilaksanakan di ruang Wijaya Kusuma Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Jl Kembangan Utara, RT02/02, No 2, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (10/11).

Lomba pidato kebangsaan yang diselenggarakan Kodim 0503/JB bertemakan, "Memperkokoh Nilai-Nilai Kepahlawanan Demi Keutuhan NKRI" dalam rangka binter terpadu Kodim 0503/Jakarta Barat TA.2019.

Lomba pidato kebangsaan diikuti oleh 10 orang finalis yaitu Jonathan Wijaya (SMA Cinta Kasih), Gadis Siti Nurhalizah (SMK 1 Cengkareng), Putri Arsiamawati (SMK 11), Marcella Lidya (SMA 78), Sindy Saragih (SMA Sang Timur), Nadira Yutie Salwa (SMA 65), Anisa (SMA BHM), Habliazmu (SMA 23), Anjani Marta (SMAN 2) dan Filzah (SMKN 17).

Sepuluh finalis yang bertarung mengeluarkan seluruh kemampuannya dan akhirnya pemenang pertama adalah Jonathan (SMA Cinta Kasih), juara kedua, Marcella Lidya (SMA 78) dan juara ketiga Anjani Marta (SMAN 2) berhasil mengalahkan tujuh orang lawannya.

Adapun Juara Kostum pada perlombaan ini jatuh pada Gadis Siti Nurhalizah (SMA 1 Cengkareng).

Pada perlombaan ini, sepuluh finalis tetap mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Kodim 0503 Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Adm. Jakarta Barat Drs. H. Rustam Efendi, M.Si menyampaikan sambutan singkatnya. “Kegiatan ini salah satu cara untuk memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan demi keutuhan NKRI. Dan untuk itu kegiatan ini kita jadikan kegiatan rutin tahun dan tahun depan kita akan laksanakan yang lebih meriah dari sekarang ini,” ucap Wali Kota.

“Ada juga yang penting kita harus ketahui bersama dimana saat ini ada modus baru di dunia kriminal yaitu berupa cairan kimia untuk membuat teror, dengan tujuan untuk membuat situasi tidak Kondusif,” lanjutnya.

“Adik-adik sekalian jangan menjadi beban Bangsa tetapi siapkan masa depan kalian untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sambutan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, SIK., MH secara garis besar menyampaikan, “Kalimat pahlawan kita HOS Cokroaminoto mengatakan, kalau mau menjadi pemimpin lakukan menulis seperti wartawan dan berpidatolah seperti Orator. Pesan Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” katanya.

Lanjut Kapolres, “Oleh karena itu marilah kita hargai jasa-jasa pahlawan kita karena saat ini yang kita hadapi musuh terbesar dan musuh itu dari dalam yaitu, radikalisme, intoleransi, teroris, berita hoaks, dan narkoba,” tuturnya.

"Untuk itu, isi Kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, seperti hari ini yang dilaksanakan TNI, Kodim 0503/JB, lomba pidato kebangsaan. Lomba ini sangatlah penting dan kami selaku Polri sangat mengapresiasi dan kami sangat mendukung kegiatan ini,” tutur Kapolres.

Sementara itu masih di tempat yang sama, sambutan Dandim 0503/JB, Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos menyampaikan, “Kegiatan lomba ini diikuti sekolah SMA dan SMK se-Jakarta Barat dengan total peserta 40 sekolah dan 102 video yang kemudian ditampilkan 10 terbaik di hari ini,” jelasnya.

“Lomba pidato kebangsaan ini bertujuan untuk memperingati hari pahlawan dan menyalurkan bakat serta potensi adik-adik kita guna memaknai arti pahlawan bagi generasi muda saat ini,” tutur Dandim.

Dan sambutan yang terakhir dalam giat lomba ini, Ketua LVRI, Sucipto menyampaikan, “Giat ini sangat relevan, dimana letak relevansinya, bahwa pidato dituntut untuk berani dan berkata yang benar, unsur berani sangat dibutuhkan untuk menjadi pimpinan. Pemuda dan pemudi berani melawan penjajah dari lahirnya Boedi Oetomo dan kalimatnya, Prokamasi Kemerdekan RI 17 Agustus 1945,” ucapnya.

“Pahlawan berani, tidak seperti Bonek tetapi mereka berani karena didorong rasa cinta tanah air, sehingga rela mengorbankan jiwa dan raga. Nilai-nilai saat ini, kecerdasan: gunakan kecerdasan dengan hal positif; kebebasan: jangan menabrak hak asasi orang lain; keterbukaan: jangan telanjang bulat, jangan menjual negara tetapi harus mikul duwur mendem jero,” jelasnya.

“Ancaman gangguan hambatan rintangan (AGHT) saat ini banyak sekali, ini merupakan tantangan generasi muda karena 20 tahun yang akan datang adik-adik akan menjadi pemimpin bangsa, dan untuk itu persiapkan diri kalian dengan baik,” tutup Ketua LVRI.

Hadir dalam giat lomba pidato tersebut, Wali Kota Adm Jakbar, Kapolres Metro Jakbar, Dandim 0503/JB, Ketua LVRI Jakbar, Wakil Wali Kota Adm Jakbar, Kasuban Kesbangpol Kota Adm Jakbar, Kasudin Pendidikan Kota Adm Jakbar, Plh Kasdim 0503/JB, Pasi Pers Kodim 0503/JB, Pasi Ter Kodim 0503/JB, Pasi Intel Kodim 0503/JB, Kapolsek Cengkareng, Wakapolsek Kembangan, Para Staf jajaran Kodim 0503/JB, dan Para Danramil Jajaran Kodim 0503/JB.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 685 Views

Update
No Update Available
Related News
Diduga terkena serangan jantung, seorang pria paruh baya tewas di dalam mobil
Polsek dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pancoran Mas Depok bagikan takjil kepada masyarakat
Satlantas Polres Jakarta Barat bersihkan ranting pohon tumbang di Jl. Puri Asri, Kembangan Jakarta Barat
×