Senin, 18 November 2019 20:56

Tangkis dampak negatif medsos, Korcab VI DJA II ikuti sosialisasi bahaya radikalisme dan UU ITE

Press Release

Ibu-Ibu Koordinator Cabang VI (Korcab VI) Jalasenastri Armada II (DJA II) yang dipimpin langsung Ketua Korcab VI DJA II, Inca Hanarko Djodi Pamungkas mengikuti sosialisasi tentang bahaya paham radikalisme dan Undang-Undang lnformasi Transaksi Elektronik (UU ITE) jajaran Dharma Pertiwi Daerah G, bertempat di gedung serbaguna Suryadharma Koops AU II, Senin (18/11/2019).

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh organisasi Dharma Pertiwi Daerah G ini membahas tentang bahaya radikalisme dan ekstrimis yang disampaikan Wahyu Nurcahyo dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), serta tentang berita hoaxs/berita palsu yang disampaikan Komisaris Polisi Hari Agung dari Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Saat membuka sosialisasi, Ketua Dharma Pertiwi Daerah G Endang Surawahadi dalam sambutannya mengatakan, seperti kita pahami bersama, bahwa radikalisme merupakan suatu ideologi dan faham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ekstrim yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Seiring dengan perkembangan era digital, beberapa fakta menujukkan bahwa situs online ataupun media sosial dijadikan sarana penyebaran propaganda, retorika, berita-berita hoaks. Opini-opini sesat yang bertujuan untuk penyesatan ideologi.

“Hal tersebut dapat kita Iihat dari berbagai kasus seperti ujaran kebencian, kekerasan, konten-konten tidak etis/santun dan lainnya yang dapat melibatkan seluruh elemen masyarakat“, ujar Ketua Dharma Pertiwi Daerah G.

Menghadapi fenomena dan potensi ancaman tersebut, maka Dharma Pertiwi Daerah G sebagai organisasi isteri prajurit, perlu meningkatkan pemahaman mengenai bahaya paham radikalisme guna membentuk pondasi ideologi yang kuat dan memahami Undang-Undang lnformasi Transaksi Elektronik (ITE) urgensi literasi di era digital.

"Mengingat esensi dari kegiatan ini sangat besar, saya berharap ibu-ibu sekalian agar mengikuti sosialisasi dengan baik. sehingga tidak terjerumus ke dalam paham radikalisme dan menjadi pelopor insan penggunaan media ITE yang bijak di tengah keluarga dan masyarakat sekitarnya," ujar Endang Surawahadi.

Dalam kesempatan tersebut, Dharma Pertiwi Daerah G juga menghadirkan Nur Dhania bersama ibundanya untuk berbagi pengalaman selama tinggal di negara Suriah.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Ketua IKKT Kosekhanudnas II Santy Yulianta, para pengurus Dharma Pertiwi Daerah G serta organisasi istri-istri prajurit TNI wilayah Makassar dan para undangan lainnya.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 267 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×