Jumat, 22 November 2019 18:50

Peserta Latihan Gulben Palu TA 2019 Koarmada II Melaksanakan Simulasi TFG

Press Release

Makassar, Peserta latihan operasi gabungan terpadu penanggulangan bencana (Gulben) TA 2019 Koarmada II melaksanakan simulasi TFG (Tactical Floor Game) bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Jum’at (22/11/2019)

TFG adalah mensimulasikan pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanggulangan bencana diatas peta seperti operasi yang diikuti oleh para Komandan unit.

Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) saat membuka TFG tersebut, mengatakan "Tactical Floor Game” merupakan kegiatan pengujian konsep Rencana Operasi (RO) kepada seluruh satuan yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana.

Semoga dengan TFG ini semua satuan tugas peserta latihan operasi gabungan terpadu penanggulangan bencana palu bisa dimengerti sampai tingkat bawah sesuai RO , ujar Danlantamal VI.

Sementara itu di hadapan Danlantamal VI , Asops Danlantamal VI selaku Asops Kogasgabpad dalam paparannya menjelaskan tentang Konsep RO pada latihan operasi penanggulangan bencana di Palu Tahun 2019.

Dalam paparannya Asops menerangkan bahwa Kogasgabpad akan melaksanakan operasi pencarian, pertolongan pertama , evakuasi dan penanganan pengungsi akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami. Selama 14 hari masa tanggap darurat pada kurun waktu akan ditentukan dikemudian hari.

Asops Danlantamal VI melanjutkan paparannya, operasi gabungan terpadu penanggulangan bencana Palu, satgas laut melaksanakan lintas laut via ALKI 2 menuju ke Palu kemudian Satgas Darat melaksanakan perjalanan darat dengan rute darat Makassar-Palu, dengan posko utama di Lantamal VI Makassar dan posko cadangan di Lanal Palu dilanjutkan tahap pelaksanaan operasi sesuai prosedur dan diakhiri dengan tahap pengakhiran, ujarnya

Turut hadir dalam simulasi TFG tersebut Kasubdislat Disopslatal Mabesal (selaku peninjau) Kolonel Laut (P) Desmon dan seluruh panitia serta peserta Latihan Gulben Palu TA 2019 Koarmada II.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 431 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×