Selasa, 26 November 2019 15:28

Hallo Puskesmas bahas `Tips Sehat Menua`

Kesehatan

Penuaan itu sebuah proses kehidupan, sudah sewajarnya proses ini terjadi. Proses penuaan yang sehat bukan berarti kondisi usia tua tanpa adanya penurunan fungsi tubuh, tapi lebih kepada proses adaptasi yang baik terhadap semua penurunan fungsi tubuh itu.

Bryant LL pada jurnal yang berjudul `In their own word: A model of healthy aging` mengatakan, penuaan yang sehat itu meliputi:
1. Peluang rendah terserang penyakit dan mengalami disabilitas
2. Fungsi kognitif dan fisik yang baik
3. Berperan aktif dalam kehidupan, memiliki hubungan interpersonal baik dan aktivitas yang produktif.

Hal ini sejalan dengan definisi sehat menurut organisasi kesehatan dunia, yaitu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Untuk menjadi tua yang sehat dan mandiri perlu persiapan dari segala aspek, baik fisik, mental dan sosial. Berikut tips yang bisa dilakukan.
1. Menjaga kesehatan fisik
2. Mengendalikan stress
3. Bangun supporting system

Menjadi tua itu pasti, menjadi tua yang sehat adalah pilihan. Semua bisa memiliki kesempatan untuk menikmati masa tua yang sehat. Hal yang terpenting untuk mencapainya adalah mempersiapkannya, jagalah kesehatan saat masih muda, siapkan tabungan dan investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial usia tua.

Hallo Puskesmas bersama Fitriana Candra Dewi, SKM dari Puskesmas Ngemplaksimongan, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/11), membahas `Tips Sehat Menua`.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 448 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×