Kamis, 28 November 2019 15:27

Hallo Puskesmas bersama Puskesmas Kagok bahas kanker serviks

Kesehatan

Untuk mencegah kanker serviks, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan vaksinasi HPV sedini mungkin sebelum aktif secara seksual. Vaksinasi dilakukan terutama untuk mencegah infeksi dari tipe HPV yang paling banyak menyebabkan kanker yaitu HPV-16 dan HPV-18.

Selain vaksinasi, menurut Erlinda Surya Anis dari Puskesmas Kagok, cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks, di antaranya:

1. Seks aman
Melakukan seks yang aman dengan menggunakan kondom dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terinfeksi HPV. Hindari pula hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan agar risiko terkena infeksi HPV bisa diminimalisir.

2. Hindari kebiasaan merokok
Wanita perokok memiliki risiko 3-4 kali lebih besar terkena kanker serviks. Hal ini kemungkinan karena kebiasaan merokok membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dalam melawan virus HPV. Selain itu, kandungan karsinogen (penyebab kanker) yang terdapat pada rokok juga dapat membuat aktivitas virus HPV di serviks menjadi meningkat. Virus HPV pun juga dapat bergerak lebih cepat menuju sel serviks.

3. Mengonsumsi makanan sehat
Penerapan pola makan yang sehat bisa menjadi langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker, tak terkecuali kanker serviks. Konsumsi makanan sehat ini dapat dimulai dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran setiap harinya. Hindari pula makanan mengandung kalori tinggi dan konsumsi daging olahan guna mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu.

4. Menjaga berat badan ideal
Selain mencegah kanker serviks, menjaga berat badan juga dapat menurunkan risiko kanker jenis lain. Menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur. Misalnya, berjalan kaki sekitar 30 menit per hari atau 150 menit olahraga aerobik per minggu.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 472 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×