Kamis, 05 Desember 2019 01:26

300 penyelam siap sukseskan event akbar `Garuda Di Lautku` di dasar laut Pulau Kodingareng Keke

Event

Sejumlah 300 penyelam akan siap sukseskan event akbar `Garuda Di Lautku` di dasar laut pulau Kodingareng Keke pada bulan Maret tahun 2020.

Dari 300 penyelam tersebut, diantaranya terdapat puluhan penyelam prajurit TNI AL yang akan turut meramaikan momen yang dapat membangkitkan semangat jiwa nasionalisme sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

Berbagai persiapan pun dilaksanakan oleh para prajurit TNI AL ini. Salah satunya adalah dengan mengadakan Latihan Selam sebagai langkah penyegaran kemampuan selam yang dimiliki sebagai prajurit matra laut.

Latihan Selam dimulai pada Selasa tanggal 03 Desember 2019 dan dilaksanakan di kolam renang Tirta Lontara Kodam XIV Hasanuddin Jalan Urip Sumohardjo Makassar.

Menurut Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyelam merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AL, oleh karena itu untuk meningkatkan dan memelihara skill tersebut perlu adanya latihan selam sehingga dapat menjadi prajurit yang tangkas, menguasai medan dan selalu siap dalam penugasan.

"Latihan selam ini juga dalam rangka mendukung salah satu kegiatan OMSP yang dilaksanakan oleh Lantamal VI yaitu Garuda Di Lautku dengan cara transplantasi terumbu karang membentuk Garuda dan tentunya terumbu karang ini akan berdampak kepada meningkatnya produksi ikan di wilayah tersebut, wahana wisata baru di pulau Kodingareng Kekek dan burung Garuda akan lebih memperkokoh jiwa kebangsaan," ujarnya.

Kegiatan akbar yang melibatkan ratusan penyelam tersebut nantinya akan melaksanakan transplantasi karang formasi Garuda Kebangsaan di Pulau Kodingareng keke kota Makassar dan latihan selam ini bertindak sebagai koordinator lapangan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letkol Marinir Aang Andy Warta, M. Tr (Opsla).

“Latihan selam pun pernah dilaksanakan di Pulau Kodingareng keke dengan tujuan untuk pengenalan lapangan sehingga para penyelam mendapatkan gambaran tentang situasi dan kondisi alam khususnya bawah laut di pulau yang menjadi tempat diadakannya event Garuda Di Lautku ini," tambah Asops Danlantamal VI.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 198 Views

Update
No Update Available
Related News
Hari Pers Nasional 2023, PWI Kota Banjar gelar lomba mewarnai dan menulis artikel
Jejak Joko Widodo di Tiongkok
KBRI di Beijing adakan perayaan Hari Raya Iduladha di Wisma Kedubes
×