Kamis, 05 Desember 2019 15:31

Lantamal VI Makassar gelar upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2019

Press Release

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal VI) Makassar mengelar upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2019, di Dermaga Layang Markas Komando Lantamal VI Makassar, Kamis (05/12/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara dalam upacara peringatan tersebut, W.S Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun S.H, dan sebagai perwira upacara Mayor Laut (P) Andi Johan yang dalam kesehariannya menjabat Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju II-6-64.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang dibacakan Wadan Lantamal VI mengatakan, momen yang hikmat ini harus dimaknai sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Komando Armada RI hingga saat ini masih menjadi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Hal ini juga menjadi momentum bagi prajurit matra laut untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Dengan demikian, kita selaku generasi penerus prajurit Jalasena, harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar Wadan Lantamal VI membacakan Amanat KASAL.

Lebih lanjut dikatakan, mencermati perkembangan lingkungan strategis dalam kurun waktu belakangan ini, maka kita akan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi. Dinamika keamanan di tingkat global dan regional begitu cepat berubah, tidak menentu dan dinamis telah menjadi faktor utama terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan, baik dalam bentuk nyata maupun tidak nyata yang membutuhkan kesigapan kita dalam menghadapi semua ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan.

Selain itu, munculnya berbagai ancaman berdimensi baru yang bersifat hibrida berupa kombinasi antara ancaman konvensional dengan aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan siber harus dapat diantisipasi dan dihadapi oleh seluruh jajaran Angkatan Laut termasuk Armada RI, ujar Kolonel Laut (P) Suratun S.H saat membacakan amanat KASAL.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut, para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI, serta seluruh personel Lantamal VI dan prajurit Yonmarhanlan VI Makassar.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 307 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×