Senin, 09 Desember 2019 18:46

Ketinting Janda Sengketa 01 raih juara favorit lomba Ketinting Danlanal Mamuju Cup 2019

Event

Puluhan ketinting perang urat saraf pada lomba perahu Ketinting Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju Cup yang diselenggarakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Armada RI Tahun 2019, pada 6-8 Desember 2019 oleh Pangkalan TNI AL Mamuju. Lomba perahu ketinting yang dibuka oleh Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode Herizal R diikuti dan dimeriahkan oleh 65 peserta yang berasal dari kampung dan pesisir pantai di Kabupaten Mamuju, Minggu (8/12).

Pelaksanaan lomba perahu ketinting ini melibatkan masyarakat setempat dalam mendukung pelaksanaan lomba ini. Pada race hari pertama peserta lomba banyak yang mengalami kendala kerusakan mesin mulai pada start di tengah lomba bahkan ketika akan memasuki garis finish, sehingga peserta lomba belum puas dengan hasil yang didapat serta menyebabkan suasana perlombaan belum begitu terasa.

Race hari kedua, bagi peserta yang mengalami kendala diadakan lomba kembali setelah memperbaiki kerusakan pada perahu Ketinting, sehingga peserta sangat antusias dan bersemangat kembali menyiapkan perahu masing-masing.

"Kegiatan Lomba Ketinting ini dilaksanakan atas Inisiatif dari masyarakat Kelurahan Simboro dan Rangas, mereka datang ke Pangkalan TNI Angkatan Laut meminta agar kembali melaksanakan lomba Ketinting seperti pada tahun sebelumnya. Suatu kebahagian bagi Lanal Mamuju bisa berbuat kepada masyarakat dan besar harapan kami yang menyaksikan kegiatan ini bukan hanya masyarakat yang berada di Sulawesi Barat saja namun di luar itu, karena perahu Ketinting merupakan sarana angkut yang biasa digunakan oleh masyarakat pesisir laut Indonesia. Besar harapan kami bahwa event ini dapat dilaksankan dengan menghadirkan perwakilan dari Kabupaten yang memiliki Ketinting di seluruh pesisir laut Indonesia," ujar Danlanal Mamuju.

Sementara, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar sangat mengapresiasi kegiatan Ketinting Race yang diselenggarakan oleh Lanal Mamuju. "Saya sangat bangga kepada Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode yang menghadirkan inovasi untuk memajukan Mamuju. Kegiatan ini semoga mendapat perhatian oleh pemerintah Provinsi Sulbar dan Kabupaten Mamuju khususnya Dinas Pariwisata, karena saat didengar oleh Provinsi luar banyak yang ingin mengikuti lomba, sehingga potensi pariwisata pada kegiatan Ketinting sangat besar. Apa yang dikatakan Danlanal Mamuju bahwa kegiatan ini akan disampaikan hingga ke tingkat pusat agar tingkat pusat menyambut skala nasionalnya dan kita di daerah dapat laksanakan secara berkala," ungkapnya.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 219 Views

Update
No Update Available
Related News
Hari Pers Nasional 2023, PWI Kota Banjar gelar lomba mewarnai dan menulis artikel
Jejak Joko Widodo di Tiongkok
KBRI di Beijing adakan perayaan Hari Raya Iduladha di Wisma Kedubes
×