Senin, 09 Desember 2019 22:42

Adinia Wirasti jadi duta kampanye `help them to see` dari Lions Eye Bank Jakarta

Kesehatan

Di Indonesia, diperkirakan 1 dari 1.000 orang menderita kebutaan akibat kerusakan kornea. Masalah kebutaan tersebut dapat diatasi melalui operasi cangkok kornea atau transplantasi. Mengingat jumlah donor kornea yang tersedia dari lokal Indonesia masih sangat rendah, Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) hadir dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait jumlah kebutaan kornea dan apa yang dimaksud dengan cangkok kornea sehingga jumlah masyarakat Indonesia yang ingin mendaftar sebagai calon donor mata akan semakin meningkat.

LEBJ yang disahkan Maret 2018 merupakan bank mata dan organisasi non-profit dan merupakan hasil kerja sama Lions Club International (LCI) dengan RS Mata JEC. LCI memilih RS Mata JEC sebagai rekan kerja dalam mendirikan bank mata karena RS mata JEC dinilai memiliki alat yang lengkap dan sesuai dengan perkembangan teknologi terdepan untuk pemeriksaan mata sebelum, pada saat dan setelah operasi cangkok kornea.

“Lions Eye Bank Jakarta didirikan sebagai wujud sosial dengan misi menjadi wadah terpercaya, tidak hanya bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan karena kelainan kornea, namun juga bagi mereka yang secara sukarela ingin menolong sesama mendapatkan perbaikan penglihatan dengan mendaftar sebagai calon donor kornea,” kata Dr. Sharita, Pendiri dan Kepala Lions Eye Bank Jakarta.

Untuk lebih meningkatkan definisi dan kesadaran pentingnya donasi kornea, Lions Eye Bank Jakarta dengan bangga memperkenalkan Adinia Wirasti sebagai duta dari kampanye ‘Help Them to See’. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia dalam menyebarluaskan visi dan misi Lions Eye Bank Jakarta dalam mengorganisir kegiatan donor kornea untuk dapat memberikan penglihatan bagi mereka yang membutuhkan. Adinia Wirasti, aktris yang juga sudah lama aktif dalam bidang sosial, sangat tergerak untuk mengajak masyarakat Indonesia dalam mendaftar menjadi calon donor kornea bagi kehidupan orang lain yang lebih baik.

“Alasan utama saya mendalami seni peran dan film adalah untuk berbagi cerita melalui media visual. Melihat pentingnya medium visual, saya tergerak untuk membantu mereka yang memiliki kelainan kornea mata agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti. Sangat besar harapan saya untuk membantu menyuarakan edukasi mengenai kampanye donasi kornea dari Lions Eye Bank Jakarta agar menjadi titik terang bagi masyarakat yang selama ini masih belum tau dan tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan,” ucap Adinia Wirasti.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 869 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×