Sabtu, 14 Desember 2019 20:44

Generasi muda Lampung selenggarakan diskusi tolak radikalisme

Peristiwa

DPD Mahasiswa Pancasila Provinsi Lampung menggelar Diskusi Publik dengan tema “Generasi Muda Menangkal Radikalisme", yang diadakan di Bandar Lampung, Jumat (13/12) kemarin.

Diskusi ini dihadiri oleh 55 perwakilan pemuda Bandar Lampung serta sejumlah narasumber, antara lain Dr. Sairul Basri, S.Ag., M.Pd.I. (Staf Khusus pada Kanwil Kemenhan RI Provinsi Lampung), Drs. KH. Basyarudin Maisir (Sekretaris MUI Provinsi Lampung), Darmawan Purba, S.IP., M.IP. (Akademisi dari Universitas Lampung), dan Husni Mubarok, SH. (Ketua HMI Cabang Bandar Lambung).

Dr. Sairul Basri, S.Ag., M.Pd.I. mengatakan, mahasiswa dan seluruh generasi muda adalah pemimpin di masa depan, jadi jangan pernah meninggalkan kearifan lokal Indonesia agar tetap utuh NKRI.

Beberapa penyebab orang dapat menjadi sangat radikal adalah adanya ketidakpuasan individu maupun kelompok terhadap keadaan sosial politik, faktor ekonomi dan ketidak adilan, adanya kelemahan dalam memahami agama, permainan isu dan media sosial, krisis wawasan kebangsaan, serta kehilangan karakter.

“Islam bukan penyebab radikal dan terorisme, namun bisa dimainkan sebagai isu yang memecah belah. Pihak berkepentingan di luar memainkan isu supaya Indonesia tidak stabil dan riuh terus melalui berbagai isu tersebut,” ujar Sairul Basri. (M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 164 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×