Senin, 23 Desember 2019 16:28

Lantamal VI gelar upacara bendera peringati Hari Ibu ke-91 Tahun 2019

Perayaan

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar mengelar upacara bendera memperingati hari Ibu ke-91 tahun 2019 di lapangan apel Mako Lantamal VI, Senin (23/12/2019).

Pada upacara bendera tersebut, sebagai Inspektur upacara (Irup) adalah Komandan Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Makassar Letkol Laut (K/W) drg. Sweeta Artsiana Dewi M.Kes, dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (K/W) drg. Bernadeta P. susi Sp. Pros.

Dalam sambutannya, Irup membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan kongres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, tema sentral pembahasan kongres perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan anak, poligami, dan pendidikan perempuan.

Hakekat peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momemum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional, ujar Irup saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan lakl-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab lakl-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak, ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang di sampaikan Irup berharap PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Hadir dalam upacara bendera peringatan Hari Ibu tersebut, Kasatker dan Kadis Lantamal VI, Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Lantamal VI serta personel Yonmarhanlan VI.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 328 Views

Update
No Update Available
Related News
Kasiter Kasrem 043/Gatam bersinergi dengan Purnawirawan Polri
Warga Nahdiyin Kabupaten Kuningan Jawa Barat peringatan 1 Abad NU
Bersama beberapa Ormas, Mitra Kodim 0410 KBL, ikuti Upacara Kibar Bendera HUT RI
×