Rabu, 22 Januari 2020 00:14

Tim `Garuda Di Lautku` bersama BPSPL Makassar diskusi tentang penanaman terumbu karang

Press Release

Puluhan Perwira Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) yang tergabung dalam tim "Garuda Di Lautku" menerima paparan/presentasi dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar mengenai cara penanaman terumbu karang, bertempat di ruang Rapat Bontomarannu Mako Lantamal VI, Selasa (21/01/2020).

Sebelum menerima paparan dari BPSPL Makassar, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M, mengucapkan selamat datang Mako Lantamal VI kepada Kepala BPSPL Makassar Ir. R. Andry I.Sukmoputro ,MM beserta tim.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Bapak Ir. R. Andry I.Sukmoputro ,MM beserta tim di Mako Lantamal VI yang akan mempresentasikan tentang cara penanaman terumbu karang kepada segenap perwira Mako Lantamal VI,“ ujar Wadan Lantamal VI.

Dalam paparannya, Kepala BPSPL Makassar menjelaskan tentang petunjuk teknis Coral Stock Center (CSR) Transplantasi Karang Terumbu. Dijelaskan, transplantasi karang merupakan upaya pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam di tempat lain atau di tempat yang karangnya telah rusak, sebagai upaya rehabilitasi

Lebih lanjut dikatakan, saat ini transplantasi karang juga telah dikembangkan lebih jauh untuk mendukung pemanfaatan yang berkelanjutan. Transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga mendorong kenaikan jumlah wisatawan, ujar Kepala BPSPL Makassar

Sedangkan maksud dan tujuan pembuatan Coral Stock Center salah satunya adalah sebagai pusat pendidikan dan penelitian bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum tentang biologi karang, kata dia.

Usai sesi pemaparan, kedua instansi pemerintah tersebut terlihat melaksanakan diskusi yang cukup hangat mengenai event “Garuda Di Lautku “ penanaman terumbu karang kebangsaan 2020 di Pulau Kodingareng Keke.

Dalam kesempatan tersebut, Wadan Lantamal VI mengatakan, pada event “Garuda Di Lautku“ penanaman terumbu karang kebangsaan 2020, memfokuskan pada upaya konservasi dengan teknik transplantasi terumbu karang menyerupai burung Garuda di kawasan Pulau Kodingareng Keke.

"Untuk itu, kami mohon kerjasamanya dan sumbang sarannya dari BPSPL Makassar demi suksesnya event Garuda Di Lautku penanaman terumbu karang kebangsaan pada bulan Maret 2020 mendatang," ujar Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, serta para Kadis – Kasatker Lantamal VI dan seluruh panitia "Garuda Di Lautku".

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 66 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×