Kamis, 23 Januari 2020 23:46

Apa itu Virus Corona? Mengapa berbahaya? Nih simak infonya

Kesehatan

Koronavirus merupakan sepupu dari virus SARS, yang mulai mewabah di Wuhan, China, pada bulan Desember 2019.

Ilmuwan Leo Poon, yang pertama kali mendekodekan virus itu, berpikir kemungkinan vitus itu berawal dari binatang dan menyebar ke manusia. "Apa yang kita ketahui adalah virus itu menyebabkan pneumonia dan kemudian tidak menanggapi pengobatan antibiotik, yang tidak mengejutkan, tetapi kemudian dalam hal kematian, SARS membunuh 10% dari individu," kata Poon, seorang ahli virus di School of Public Health di Universitas Hong Kong.

Virus Corona, atau Koronavirus adalah virus dari familia coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia, termasuk manusia.

Struktur tubuh virus ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer, glikoprotein yang menyerupai paku, genom RNA positif, dan protein nukleokapsid.

Glikoprotein koronovirus dapat berikatan dengan glikoprotein permukaan sel inang secara spesifik untuk memulai terjadinya infeksi.

Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan. Golongan 1 dan golongan 2 menginfeksi mamalia, mulai dari kelelawar hingga manusia, sedangkan golongan 3 hanya ditemukan pada spesies avian (burung).

Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala penyakit yang bervariasi, mulai dari hampir tidak timbul gejala apapun hingga gejala yang fatal dan cepat.

Infeksi koronavirus dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti bronkitis, ensefalitis, gastroenteritis, dan hepatitis.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 615 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×